Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / pt hgp serahkan fasos fasum perumahan bcp ke pemkab serang

pt-hgp-serahkan-fasos-fasum-perumahan-bcp-ke-pemkab-serang

PT HGP Serahkan Fasos Fasum Perumahan BCP ke Pemkab Serang

Selasa, 20 Oktober 2020

Admin

1109
Berita Daerah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan PT. Hamparan Graha Pratama (HGP) melakukan penandatangan serah terima Fasilitas Sosial (Fasos) Fasilitasi Umum (Fasum) Bumi Ciruas Permai (BCP) 1 dan 2 di Desa Ranjeng, Kecamatan Ciruas. Penandatangan berita acara serah terima dilakukan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang, Ade Ariyanto dan Direktur PT. HGP, Eman Suherman di pendopo bupati pada Senin, 19 Oktober 2020.

Direktur PT. HGP, Eman Suherman memaparkan, fasos fasum yang diserahkan kepada Pemkab Serang meliputi saran ibadah Masjid, infrastruktur Jalan, lapangan, Gedung Madrasah, Gedung sekolah dasar (SD), tempat pemakaman umum (TPU), kantor pemasaran dan lainnya. 

“Prosesnya tidak lama, cepat hanya beberapa bulan karena memang semua (berkas) kita lengkapi. Mudah-mudahan dengan serah terima fasos fasum bermanfaat dan masyarakat semakin sejahtera,”ujar Eman usai serah terima.

Eman menjelaskan proses serah terima fasos fasum yang memakan waktu singkat tersebut. Sekitar beberapa bulan lalu tim dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang mendatangi pihaknya dan tim dari PT. HGP langsung menyiapkan berkas semua dilengkapi.

“Sangat kondusif, sangta baik prosesnya. Pada dasarnya kita ada niatan baik untuk meneyrhakan ke pemda, jaid semua berkas pun kita lengkapi sebelum diminta. Kita kooperatif kok, dan kita selalu ada di lapangan,”terang Eman.

Hadir dalam penandatangan serah terima fasos fasum tersebut Ketua DPRD, Bahrul Ulum, Anggota DPRD Kabupaten Serang, Abdul Khalik dan Cholis Rowiyan, Asda I, Nanang Supriatna, Asda III Ida Nuraida, Camat Ciruas Eri Suheri dan lainnya.

Sementara Pjs Bupati Serang Ade Ariyanto mengatakan, untuk percepatan fasos fasum sebenarnya tanpa dibentuk satgas kolaborasi pemda, dewan dan seluruh aparat kecamatan dan desa sudah berjalan. 
“Ini kan perlu lobi lobi dari sekian (pengembang) yang dilaporkan masih ada ratusan (yang belum diserahkan) terutama yang pengembangnya hilang, kalau yang ada nggak susah,” ujarnya kepada wartawan.

Ade mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi kepada 120 pengembang. Dari total 120 pengembang baru sekitar 20 sampai 30 pengembang yang sudah menyerahkan. “Nanti kita buat verifikasi yang dokumen lengkap ada itu bisa kita proses, yang penting dokumennya ada,” kata Ade didampingi Kepala DPKPTB Kabupaten Serang Irawan Noor.

Ia mengatakan dengan dibentuk satgas, diharapkan nantinya bisa mempercepat proses penyerahan tersebut. “Makanya dengan satgas terbentuk nanti mudah mudahan bisa ditindak lanjuti cepat, program kerjanya punya skala prioritas. Yang jelas pola ini cukup jadi percontohan dengan waktu cepat bisa serahkan Insya Allah,” tuturnya.

Menurut dia, banyak manfaat jika 2 persen lahan perumahan untuk fasos fasum itu sudah diserahkan kepada Pemda. “Kalau sudah diserahkan kebutuhannya jelas, pemakaman, sekolah, tempat ibadah, ruang sosial, ruang terbuka hijau sangat jelas. Kalau sudah jadi aset Pemkab APBD bisa turun disitu, tapi sebelum itu diserahkan bisa jadi temuan ada APBD disana,” tuturnya.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Banten itu menjelaskan saat ini masih banyak ditemukan perumahan yang belum lengkap fasos fasumnya seperti belum ada areal pemakaman. Padahal itu adalah kewajiban. 
“Tadi juga disampaikan sudah akan menyempurnakan peraturan bupati bahkan ke perda dipertajam lagi jadi fasos fasum seperti itu di awal nanti kita ambil. Minimal dengan terbentuknya satgas membuat satu progran kerja disitu percepatannya ada kelihatan. Insya Allah minggu depan Cikande yah,”katanya.(*)

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.