Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / pemkab serang targetkan 1000 suntikan vaksin perhari di setiap desa

pemkab-serang-targetkan-1000-suntikan-vaksin-perhari-di-setiap-desa

Pemkab Serang Targetkan 1000 Suntikan Vaksin Perhari di Setiap Desa

Kamis, 02 Desember 2021

Admin

569
Berita Daerah

Guna mengejar percepatan capaian persentase vaksinasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus melakukan berbagai upaya melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Baik melalui gebyar maupun rutin vaksinasi yang dilakukan setiap Pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas tersebar di 29 kecamatan.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan, bahwa untuk saat ini Pemkab Serang juga menargetkan sebanyak 1.000 suntikan vaksin perhari untuk setiap desa atau kecamatan. Upaya itu di tekankan kepada para camat dan kepala puskesmas melalui rapat evaluasi yang dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021.

“Pertemuan dengan para camat dan kepala puskesmas kaitannya evaluasi capaian vaksinasi yang memang masih perlu di evaluasi, dan tekanannya itu kepada para camat dan kepala puskesmas untuk meningkatkan kinerjanya dengan semaksimal mungkin,”ujar Nanang melalui keterangan tertulis yang disiarkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) pada Kamis, 11 November 2021. 

Nanang juga mengatakan, bahwa evaluasi bukan berarti para camat dan kepala puskesmas belum melakukan upaya, hanya saja perlu adanya peningkatan untuk mengejar capaiannya. “Mereka sudah bergerak, sudah berupaya tapi capaiannya masih kurang dan itu selain kita hargai pun, kita juga mendorong para camat,”kata Nanang.

Sehingga, lebih lanjut Nanang mengatakan, dengan potensi yang ada di wilayahnya harus dilakukan koordinasi yang baik dengan para kepala desa (kades), unsur muspika dan juga seluruh komponen sumber daya manusia (SDM) dan SDM sosial ekonomi itu akan di tingkatkan. 
“Strateginya ke masing-masing sasarannya jadi gebyar di tingkat kecamatan itu nanti di bantu oleh Pemkab Serang, tapi fokus kepada para camat dengan kepala puskesmas ke desa-desa. Jadi nanti, target perhari perdesa sasarannya minimal 1000 vaksinasi setiap hari,”tegas Nanang.

Kenapa saat ini di fokuskan upaya tersebut kepada para camat dan kepala puskesmas, sebut Nanang, karena atensi langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang peduli sekali terhadap vaksinasi. Bahkan, para camat juga menyampaikan permasalahan ataupun kendalanya pada proses vaksinasinya. “Permasalahannya ada beberapa yang kaitannya dengan teknis, maupun sasaran masyarakatnya,”terangnya. 

Guna merealisasikan capaiannya, tambah Nanang, pihaknya mendorong para camat untuk mengatasi perasalahan atau kendalanya. “Jadi nanti akan di evaluasi oleh kita setiap minggunya, bagi camat yang bagus itu ada reward, tapi bagi camat yang juga capainnya kurang bagus kita dorong. Tapi, kalau sudah berkali-kali masih juga begitu berarti perlu di evaluasi kinerja camatnya,”tegas Nanang. Seraya menyebutkan, ada tujuh (7) camat yang capaian vaksinasinya, dan 12 masih rendah dibawah 30 persen.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, akan melakukan beberapa perubahan cara dengan tidak lagi menunggu di pelayanan kesehatan untuk datang, tetapi pihaknya akan melakukan percepatan dengan melakukan pendekatan kepada akses sasaran.

“Jadi teman-teman nakes (tenaga kesehatan) di desa, kampung-kampung atau RT untuk mendatangi sasraan terutama sasaran lanjut usia. Kita sudah menargetkan setiap kecamatan, puskesmas untuk melakukan 1.000 vaksinasi setiap harinya,”ujar Agus.

Diketahui terhitung pada Rabu, 10 November 2021 sebanyak 963.534 atau mencapai 38,24 persen warga ber KTP (Kartu Tanda Penduduk) Kabupaten Serang sudah divaksin baik dosis satu, dua dan tiga dari target sasaran 1.259.754 orang. Jumlah tersebut berdasarkan satu data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).(*)

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.