Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / 25 anak kuliah di ut, pemkab serang siapkan beasiswa

25-anak-kuliah-di-ut-pemkab-serang-siapkan-beasiswa

25 Anak Kuliah di UT, Pemkab Serang Siapkan Beasiswa

Selasa, 26 Mei 2020

Admin

1934
Berita Daerah

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berjanji akan memberikan beasiswa kepada 30 mahasiswa Universitas Terbuka (UT) jika membutuhkan. Bantuan beasiswa akan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang.

“Kalau anak-anak membutuhkan bantuan pemda nanti kita akan salurkan ke Baznas, karena Baznas ada anggaran untuk beasiswa,”ujar Tatu usai Memorandum of Understanding (MoU) atau penandatangan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) Serang di Pendopo Bupati Serang pada Senin (17/02/2020).

Perjanjian kerjasama, sambungnya, sebenarnya sudah dilakukan sebelumnya. Oleh karenanya, Tatu mengapreasiasi atas upaya UT Serang yang telah memberikan kesempatan anak-anak Kabupaten Serang bisa mengenyam pendidikan di UT Serang.

“Jumlah yang kuliah sebanyak 25 anak ini merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan) UT Serang. Sedangkan yang 5 anak itu bidik misi, jadi totalnya ada 30 anak. Mereka semua di formalkan, semoga upaya yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Serang,”ungkap Tatu.

Sedangkan terkait ASN (Aparatur Sipil Negeri) di lingkungan Pemkab Serang yang ingin meniti karir diperlukannya jenjang pendidikan tinggi namun terkendala waktu. Maka, ASN harus memanfaatkan kesempatan untuk meneruskan program jenjang pendidikan magister (S2) dan Program Pendidikan Doktoral (S3) tanpa harus cuti kerja.

“Jumlah ASN di Pemkab Serang terbatas memang meski ada perekrutan namun tidak sesuai dengan kebutuhan, maka untuk memenuhi syarat karir maka ASN harus bisa memanfaatkan adanya UT,”ajak Tatu.

Penandatangan kerjasama ditandatangani langusng Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Rektor UT Serang, Odjat Sarodjat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, Asep Nugraha, dan Kepala UPBJJ Ut Serang, Maman Rumanta. Hadir pada MoU yakni, Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, dan para pejabat eselon dua tiga dan empat pada Dindikbud, serta para mahasiswa.

Kepala  Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugraha mengatakan, bahwa untuk beasiswa anak-anak Kabupaten Serang yang kuliah di UT Serang sudah diajukan kepada pihak Baznas Kabupaten Serang. Beasiswa diperuntukan kebutuhan selama masa kuliahnya. “Sudah kita ajukan dengan nilai sebesar-besarnya, untuk realisasinya tergantung dari pihak Baznas,”ujarnya. 

Rektor UT Serang Odjat Sarodjat mengatakan, dengan adanya MoU diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Serang semakin baik. Bukan hanya orang yang sudah bekerja atau ASN tetapi juga anak-anak Kabupaten Sernag yang baru lulus SLTA atau SMA sederajat.

“Anak lulusan SLTA di Kabupaten Serang mereka harus tahu UT merupakan pilihan alternatif ketika ingin masuk perguruan tinggi negeri dengan biaya yang terjangkau. Yang pasti, tujuan kami fokus pada peningkatan SDM di Kabupaten Serang,”ujarnya.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.