Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / Terkini / terima bantuan dari indomarco, wabup serang dorong umkm miliki pemasaran yang jelas

terima-bantuan-dari-indomarco-wabup-serang-dorong-umkm-miliki-pemasaran-yang-jelas

Terima Bantuan dari Indomarco, Wabup Serang Dorong UMKM Miliki Pemasaran yang Jelas

Kamis, 03 Februari 2022

Admin

163
Berita Daerah

Para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM di Kabupaten Serang, menerima bantuan berupa gerobak dan sembako dari PT. Indomarco Prismatama Cabang Lebak. Penyerahan secara simbolis di lakukan oleh Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa dan Kepala Cabang PT. Indomarco Prismatama Cabang Lebak, Anggara Wicaksono di Pendopo Bupati Serang pada Kamis, 27 Januari 2022.
 
Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa berujar bahwa bantuan tersebut sifatnya kuratif yang berupa bantuan gerobak, bantuan sembako karena kepedulian kepada UMKM dari Indomarco akibat dampak pandemi covid-19. Tapi yang lebih substantif, lebih esensial menurutnya adalah kepedulian indormarco kepada pelaku UMKM di Kabupaten Serang yang sekarang sudah berjalan.

“Ada sebanyak 12 UMKM yang produknya sekarang di suplai ke indomart dalam bentuk dua jenis, komoditas makanan kering dan makanan basah,”ujar Pandji kepada wartawan di sela-sela meninjau fisik bantuan gerobak.

Dijelaskan Pandji, produk UMKM yang di suplai ke Indomart tersebut untuk jenis komoditas makanan kering langsung di suplai ke gudang terlebih dahulu di Kabupaten Lebak yang kemudian baru di distribusikan ke otlet-otlet Indomart. Namun untuk makanan yang basah itu tidak di drop terlebih dahulu ke gudang, namun di suplai ke otlet-otlet Indomart tempat UMKM itu berada. 

“Seperti di Kecamatan Kramatwatu ada UMKM yang membuat kueh basah itu tidak usah lapor ke Pa Angga (Kepala Cabang PT. Indomarco Prismatama Cabang Lebak), Pa Angga sudah memerintahkan terima otlet yang di Kramat watu yang sehari habis dua hari habis,”terang Pandji.

“Nah itu yang paling utama, adalah mendorong UMKM kita agar dia punya market yang jelas, pemasaran yang jelas. Karena masalah di UMKM kita adalah dia bisa bikin tapi dia tidak bisa menjual meski bisa hanya di sekitaran terdekatnya. Kita ingin dorong produk UMKM skala penjualannya bisa lebih meluas se kecamatan, se Kabupaten Serang kalau perlu keluar Kabupaten Serang,”ungkap Pandji.

Oleh karena itu, untuk peningkatan kualitas produk UMKM di Kabupaten Serang, Pandji meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKP) untuk melihat proses produksinya apakah sudah higenis. “Kalau higenis nanti di keluarkan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) nya, bahwa produk UMKM sudah memenuhi standar kesehatan. Kemudian, produk UMKM bisa mendapat sertifikat uji halal dari Kementrian Agama (Kemenag),”paparnya.

“Kalau skalanya lebih luas kita punya BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) kalau UMKM bisa produk pemasaran meluas bukan hanya Kabupaten Serang, tapi bisa ke Lebak, Cilegon atau ke Provinsi Lampung itu harus sudah standarnya BPOM. Tapi kalau pemasarannya hanya di sekitar lingkungan cukup P-IRT,”jelas Pandji.

Disamping itu, Pandji meminta kepada pihak Indomart ketika barang pelaku UMKM Kabupaten Serang di suplai ke gudang agar tidak diperlakukan sama dengan suplayer besar. Sebab, jika suplayer besar meski barangnya di drop di gudang jeda waktu sampai sebulan masih kuat dalam segi permodalannya.

“Kalau UMKM di Kabupaten Serang mohon di perlakukan yang berbeda ketika barang di suplay ke gudang minimal DP 50 persen masuk ke rekening sehingga bisa memutarkan lagi modalnya, kalau satu bulan harus punya modal 3 sampai 4 kali lipat. Itu lah saya mohon jajaran indomart bisa memahami kondisi permodalan para pelaku UMKM,”tutur Pandji.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asda II Kabupaten Serang Hamdani, Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopumperindag), Adang Rahmat, dan para pelaku UMKM penerima bantuan.

Kepala Cabang PT. Indomarco Prismatama Cabang Lebak, Anggara Wicaksono mengatakan untuk saat ini pihaknya menyerahkan bantuan sebanyak 10 unit gerobak dan 400 paket sembako kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Serang. Alasan menyalurkan bantuan kepada pelaku UMKM sebagai tindak lanjut kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang sudah terjalin sejak lama.

“Namun karena situasi masih seperti ini (pendemi covid-19), tentu harus ada usaha lain untuk percepatan pemulihan perekonomian salah satunya dengan bantuan ini. Supaya apa, supaya pelaku UMKM bisa lebih kuat lagi dalam mengembangkan usahanya dan memulihkan perekonomiannya,”ujarnya.

Sedangkan terkait permintaan Wakil Bupati Serang agar memperlakukan UMKM tidak sama dengan suplayer atau pengusaha besar. Indomarco diminta agar membayar DP 50 persen ketika drop produk UMKM Kabupaten Serang  Anggara Wicaksono mengamininya. “Kami siapkan skema pembayarannya jauh lebih cepat, mungin bisa di percepat, di permudah supaya tidak lama,”katanya.(*)

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.