Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / pilkada serang, kpu diminta tingkatkan paritisipasi pemilih

pilkada-serang-kpu-diminta-tingkatkan-paritisipasi-pemilih

Pilkada Serang, KPU Diminta Tingkatkan Paritisipasi Pemilih

Senin, 18 Mei 2020

Admin

2394
Berita Daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bia meningkatakan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang tahun 2020. Selain KPU, para camat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga agar turut menyosialisasikan tahapan pilkada.

“Target semaksimal mungkin, tapi tidak boleh kurang dari 60 persen. Oleh karena para camat dan seluruh ASN untuk ikut menyosialisasikan tahapan Pilkada Kabupaten Serang, terutama dalam meningkatan tingkat partisipasi masyarakat,”ujar Tubagus Entus kepada wartawan usai menghadiri Rapat Koordinasi dengan dinas/instansi terkait pembentukan badan ad hoc pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020.

Peningkatan partisipasi pemilih, sebut Entus, minimal pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) 3 November 2019 lalu dimana partisipasi masyarakat tinggi menyalurkan hak pilihnya. “Melalui forum ini kepada para  camat untuk menyosialisasikan tahapan pilkada, sehingga hari H 23 September 2020 seluruh masyarakat mempunyai hak menyalurkan hak pilihnya di TPS yang sudah di siapkan,”terangnya .

Pada intinya, tambah Tubagus Entus, Pemkab Serang sudah sepakat untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Serang harsu berjalan denga sukses. Dlaam artian, seluruh tahapan dilaksanakna dengan sebaik-baiknya. “Bahkan untnuk dana pemda sudah koordinasid engan KPU dan badan anggaran legislatif untuk menyiapkan dana yang memadai. Kita meyakini dana yang dialoaksikan bisa memenuhi seluruh tahapan pilkada nanti,”ungkap Tubagus Entus.

Dia juga meminta kepada semua eleman diantaranya TNI dan Polri mampu menciptakan kondusif di masyarakat. Disisi lain jangan mudah percaya dengan beredarnya berita bohong agtau hoax, karean setiap pesta demokrasi potensi penyebran hoax sangat masif. “Masyarakat yang sudah dewasa berpolitik untuk tidka terpengaruh hoax,”imbau Tubagus Entus.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, bahwa untuk rakor yang hadir saat ini yakni Camat dari 29 kecamatan dan perwakilan dari Apdesi (Asosiasi perangkat desa seluruh indonesia) Kabupaten Serang. Tujuannya, agar informasi perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai ke masyarakat. “Untuk pendaftaran dibuka pengumuman tanggal 18 dan penutupan 24 Januari 2020,”ujarnya.

Terkait sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Abidin mengatakan sudah berjalan. “Ini salah satunya, adapun sosialisasi secara masif akan kita laksanakan mulai minggu besok,”ujarnya.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.