Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / pengurus baru baznas kabupaten serang diminta maksimalkan pengumpulan zakat

pengurus-baru-baznas-kabupaten-serang-diminta-maksimalkan-pengumpulan-zakat

Pengurus Baru Baznas Kabupaten Serang Diminta Maksimalkan Pengumpulan Zakat

Kamis, 27 Mei 2021

Admin

1418
Berita Daerah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meminta kepada Pengurus Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kabupaten Serang untuk lebih meningkatkan kinerja dari kepengurusan sebelumnya. Salah satunya, dengan memaksimalkan pengumpulaan zakat melalui setiap Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

“Dengan harapan atas nama Pemkab Serang bisa maksimal kinerjanya, lebih ditingkatkan, lebih bagus lagi dari kepengurusan sebelumnya,”ujar Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna melalui keterangan tertulisnya yang dikirim Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) pada Ahad, 23 Mei 2021.

Dikatakannya, lima pengurus atau pimpinan baru Baznas Kabupaten Serang periode 2021-2025 hasil dari seleksi dari 25 orang mengerucut menjadi 5 orang. Pada Jum’at, 21 Mei 2021, kata Nanang, kelima pengurus pun sudah membentuk formasi menyeleksi untuk memilih ketua, hasilnya Badrudin terpilih sebagai Ketua Baznas Kabupaten Serang periode 2021-2025. “Kami selaku pembina hanya meyaksikan dan memantau saja pada proses pemilihan,”terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Nanang, potensi yang dimiliki 5 orang pimpinan tersebut akan disatukan menjadikan kekompakan sehingga menjadi energi yang positif. Sebab, menurutnya masih banyak potensi zakat namun belum maksimal dalam pengumpulannya.

“Yang kita ketahui memang potensi masih banyak, tapi belum tergarap. Saat ini yang besar baru dari ASN (Pemkab Serang), sementara yang lain masih belum tergarap seperti di industri-industri itu harus dimaksimalkan pengumpulan zakatnya,”tegas Nanang.

Disisi lain juga, tambah Mantan Camat Waringin Kurung ini pengumpulan zakat akan maksimal bukan hanya di industri di kalangan masyarakat pun dibawah naungan camat dan kepala desa harus maksimal juga menggerakan UPZ sampai tingkat RT dan RW (rukun tetangga/rukun warga). “Kalau itu jalan semua efektif, sepertinya tidak ada lagi masyarakat miskin. Itu tantangan berat dari pengurus yang baru Baznas,”tandas Nanang. 

Nanang menambahkan, bahwa untuk pelantikan Ketua dan Pengurus Baznas Kabupaten Serang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. “Pelantikan nanti akan ada arahan-arahan dari Ibu Bupati,”tuturnya.

Diketahui, Badrudin terpilih sebagai Ketua Baznas Kabupaten Serang periode 2021-2025. Terpilihnya Badrudin, berdasarkan hasil musyawarah 5 pimpinan di Aula Kh Syam’un pada Jum’at, 21 Mei 2021.

Adapun kelima pimpinan tersebut berdasarkan hasil seleksi calon pimpinan dari 25 peserta meliputi, Bahrudin, Khasiful Qurob, Hulaely Asyikin, Dedi Suhandi dan A. Hamid Fudholi. 

Pemilihan tersebut disaksikan oleh Pembina yang juga Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan, Nanang Supriatna, Asda II, Adjat Gunawan, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra), Febrianto dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Kabupaten Serang, Tubagus Syihabudin.

Ketua Baznas Kabupaten Serang, Badrudin mengucapkan terima kasih kepada pansel (panitia seleksi) dan pimpinan lainnya yang memilih dirinya.  “Semoga saya menjadi ketua yang amanah, baik dan lebih bagus,”ujarnya. 

Untuk program awal, kata Badrudin, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan tata kelola internal Baznas Kabupaten Serang. “Setelah itu saya akan memberikan peluang bekerja lagi, supaya lebih disiplin etos kerjanya,”katanya. 

Terkait arahan dari Asda I Setda Kabupaten Serang, Badrudin memastikan akan memaksimalkan pengumpulan zakat salah satunya fokus pada industri-industri di wilayah serang timur dan barat. Pastinya, dengan merencanakan strategi pengumpulan zakat supaya lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. 

“Kami juga akan melakukan pendekatan dengan perusahaan-perusahaan. Yang pasti, saya agendakan dulu dengan pimpinan yang lain untuk mengatur strateginya,”tutur Badrudin.(*)

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.