Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / komitmen cegah stunting jawilan

komitmen-cegah-stunting-jawilan

Komitmen Cegah Stunting Jawilan

Selasa, 10 November 2020

Admin

1172
Berita Daerah

Kompleksnya masalah kesehatan menjadi perhatian bagi pemerintah. Perlu adanya perencanaan dari pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tersebut. Perencanaan kesehatan adalah sebuah proses untuk merumuskan masalah-masalah kesehatan yang berkembang di masyarakat, menentukan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia, menetapkan tujuan program yang paling pokok dan menyusun langkah-langkah praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Keberhasilan program salah satunya ditentukan oleh perencanaan yang baik. Perencanaan yang baik akan berhasil apabila terdapat komitmen dari pemangku kebijakan. Masalah kesehatan yang cukup mencolok saat ini adalah masalah stunting. Untuk itu Puskesamas Jawilan berupaya dengan seluruh stakeholder yang ada di Kecamatan Jawilan melaksanakan kegiatan penggalangan komitmen pembentukan Tim Pencegah dan Penanggulangan Stunting di Kecamatan Jawilan pada Oktober lalu.

Tim yang terdiri dari banyak unsur antara lain kecamatan Jawilan, unsur Desa, unsur Muspika dan unsur tokoh masyarakat dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Jawilan. Tim akan melakukan berbagai tugas untuk mencegah dan menggulangi stunting, karena maslah tersebut dangat penting harus segera dituntaskan mengingat anak yang mengalami maslah stunting merupakan generasi penerus bangsa. Tim akan mengidentifikasi masalah, mengembangkan solusi, membangun dukungan politik, membawa isu, solusi dan politik untuk, serta evaluasi setiap tahapan.

Dengan dukungan komitmen seluruh unsur dapat mempengaruhi lingkungan atau pihak lain agar turut mencegah pengembangan masalah stunting. Kebijakan berwawasan kesehatan akan mencegah stunting. Upaya – upaya yang dilakukan antara lain pengorganisasian masyarakat (community organization), pengembangan masyarakat (community development), penggerakkan masyarakat (social mobilization) dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment).

Seluruh kegiatan penuntasan masalah stunting pada akhirnya menginginkan kondisi masyarakat baik dan dapat mencapai derajat kesehatan yang setinggi tingginya baik fisik, mental, sosial serta diharapkan berumur panjang. Baik pada masyarakat, anak-anak dan orangtua akan bertambah kesejahteraan dengan adanya kesehatan yang sempurna.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.