Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / gadis asal anyer wakili banten ikut pemilihan duta maritim indonesia 

gadis-asal-anyer-wakili-banten-ikut-pemilihan-duta-maritim-indonesia

Gadis Asal Anyer Wakili Banten Ikut Pemilihan Duta Maritim Indonesia 

Kamis, 10 Agustus 2023

Bidang KIP

210
Berita Daerah

Gadis asal Kampung Kamurang Pal RT 003/002, Desa Grogol Indah, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang A’ina Na’bilah terpilih mewakili Provinsi Banten untuk mengikuti pemilihan Duta Maritim Indonesia yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di Jakarta.

Kontes pemilihan Duta Maritim yang merupakan program lembaga dibawah kepemimpinan Walikota Samarinda itu, bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkonsen pada pembangunan kemaritiman.

“Alhamdulillah, setelah melewati tahap seleksi berkas dan tahap seleksi wawancara, aku terpilih menjadi salah satu perwakilan Banten menjadi Duta Maritim,” ucap A’ina melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik Kabupaten Serang pada Kamis, 10 Agustus 2023.

100 orang yang terpilih menjadi Duta Maritim dari seluruh Indonesia, kata A’ina, selanjutnya akan berangkat ke Jakarta pada 11 sampai 17 Agustus untuk mengikuti kegiatan Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) dan memperebutkan gelar Duta Maritim Indonesia.

Setelah terpilih menjadi Duta Maritim Indonesia, lanjut A’ina, ke depan akan banyak tugas yang harus diselesaikan. Di antaranya mengajak generasi penerus bangsa, khususnya yang berdomisili di Kabupaten Serang untuk sama-sama membangun kemaritiman. “Kabupaten Serang kan daerah penuh wisata,” ujar anak ketuga dari empat bersaudara ini.

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Anyar Tahun 2023 ini juga mengatakan, penilaian Pemilihan Duta Maritim akan diseleksi langsung oleh pusat atau Aspeksindo. Panitia akan menyeleksi peserta, mulai dari persyaratan lembar motivasi, video potensi Maritim, Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto setengah badan, sertifikat prestasi, dilanjutkan dengan wawancara terkait ke-Aspeksindo-an, wawasan kemaritiman, isu strategis dan potensi kedaerahan, diakhiri penalaran.

Menurut A’ina, Indonesia khususnya Banten mempunyai banyak potensi wisata bahari, potensi sumber daya laut, maupun potensi geografis yang belum digali maksimal. Kondisi itu, menurut mahasiswi baru Jurusan Teknik Kimia Maba Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) ini, selaras dengan tujuan diadakannya SDMI, yakni menjadi salah satu generasi bangsa yang turut serta berkontribusi pada pembangunan kemaritiman. 

“Hal-hal dan pelajaran di sana (SDMI yang digelar Aspeksindo-red), tentunya tidak akan saya pendam pribadi, tetapi akan dibagikan pada generasi penerus bangsa yang lainnya,” tegas atlet bela diri Pencak Silat ini.

A’ina berharap, perjalanannya untuk berkompetisi pada ajang Pemilihan Duta Maritim Indonesia bisa maksimal dan dapat menyerap pembelajaran yang didapat selama kegiatan. “Supaya saya bisa membagikan hasil pembelajaran secara utuh dan menyeluruh, tidak setengah-setengah,” harap dara manis yang suka belajar hal-hal baru tersebut.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.