Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / dpr ri dan kemendes siap bantu bumdes cahaya buana paku banten

dpr-ri-dan-kemendes-siap-bantu-bumdes-cahaya-buana-paku-banten

DPR RI dan Kemendes Siap Bantu BUMDes Cahaya Buana Paku Banten

Kamis, 01 April 2021

Admin

1253
Berita Daerah

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPR RI) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen DPDTT) siap memberikan bantuan lebih besar lagi untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Buana Paku Banten Desa Sukatani. Sehingga kedepannya, Desa Suka Tani menjadi desa yang mandiri.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Tubagus Haerul Jaman saat Kunjungan kerja, Monitoring dan Evaluasi Bantuan Modal Usaha Ekonomi Masyarakat Desa oleh Anggota Komisi V DPR RI dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di BUMDes Cahaya Buana Paku Banten di Kantor Desa Sukatani, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang pada Kamis, 25 Maret 2021.

“Kami rombongan Komisi V kunjungan kerja di Desa Suka Tani untuk melihat BUMDes Cahaya Buana Paku Banten yang sudah berjalan,”ujar Haerul Jaman. Turut hadir Wakil Ketua Komisi V DPR sekaligus Ketua Tim Kunker, Muhammad Arwani Thomafi beserta anggota Komisi V DPR lainnya, Direktur Jendral Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten, Enong Suhaeti, Kepala DPMD Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto unsur Muspika kecamatan, Kades Suka Tani, dan Direktur BUMDes Suka Tani. 

Berdasarkan hasil kunker, Politisi Partai Golkar ini jika Komisi V dan Kemen DPDTT memuji melihat perkembangan BUMDes Cahaya Buana Paku Banten. Mengingat, BUMDes Cahaya Buana Paku Banten salah satu BUMDes di Indonesia binaan oOmisi V dan Kementrian DPDTT.   

“Tentunya kami berharap dan ingin mendorong ketika ada keinginan lebih berkembang lagi BUMDes di Desa Sukatani ini, tentunya Komisi V, Kemendes siap membantu untuk bantuannya. Begitu pun Pemkab Serang dan Pemprov Banten semuanya harus menyuport, mendukung secara keseluruhan untuk BUMDes Suka Tani ini,”ajak Haerul Jaman.

Selain bantuan keuangan untuk BUMDes, Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Banten II ini memastikan akan menyalurkan bantuan dari berbagai program. Hal itu pun diamini oleh para Anggota Komisi V DPRD RI lainnya.

“Apa yang sudah disampaikan teman-teman, mudah-mudahan kita berkomitman memberikan support dari berbagai program agar bisa masuk Desa Suka Tani. Diharapkan, Desa Suka Tani bisa menjadi desa mandiri kedepannya dengan didukung oleh semua pihak. Jadi ketika kita saling mendorong, harapan kemajuan bangsa salah satunya dari kemajuan pedesaan,”tandas Haerul Jaman.

Senada dikatakan Direktur Jendral Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini. Pihaknya pun akan meminta kepada Komisi V DPR RI penambahan anggaran untuk bantuan BUMDes lebih besar lagi. “Kami juga minta dukungannya Komisi V DPR RI untuk penambahan bantuan untuk BUMDes,”ujarnya. 

Harlina meyakini, jika keinginan Direktur BUMDes Cahaya Buana Paku Banten ingin berlari cepat untuk terus mengembangkan BUMDes akan terealisasi. “Insya Allah tahun ini akan terealisasi bantuan sehingga BUMDes bisa berlari lebih cepat lagi,”ucapnya.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementrian dan Komisi V DPR RI khususnya Anggota Komisi V Dapil Banten, Tubagus Haerul Jaman. Atas kepeduliannya, sudah banyak program Pemerintah Pusat yang di realisasikan di wilayah Kabupaten Serang. “Terimakasih kepada Pak Haerul Jaman yang peduli, dan telah banyak memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Serang,”ujarnya.

Dikatakan Pandji, berkembangnya BUMDes tidak terlepas atas berkembangnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “BUMDes merupakan mesin ekonomi masyarakat desa agar bisa mengembangkan kemampuan ekonomi masyarakat di desa ini,”tuturnya.

Direktur BUMDes Cahaya Buana Paku Banten, Said Elhasan mengatakan, bahwa BUMDes yang dikelolanya berdiri sejak tahun 2018. Pihaknya berharap, dengan kunjungan kerja saat ini bisa menjadi sebuah catatan DPR RI dan Kemendes atas fakta di masyarakat. 

“Pada prinsipnya kami ingin maju. Usaha kami saat ini yang sudah berjalan sebagai pengelolaan limbah yang bekerjasama dengan perusahaan industri,”ujarnya.

Oleh karena itu, dengan keinginan agar lebih maju lagi BUMDes pihaknya meminta dukungan bantuan yang layak. Sebab, dengan berkembangnya BUMDes berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat. “Selain itu, kami juga akan menjadikan Desa Suka Tani ini menjadi desa wisata,”tuturnya.(*)

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.