Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / bupati serang pimpin rapat pembinaan dan evaluasi sakip, rb dan zi di hadiri oleh seluruh kepala opd

bupati-serang-pimpin-rapat-pembinaan-dan-evaluasi-sakip-rb-dan-zi-di-hadiri-oleh-seluruh-kepala-opd

Bupati Serang Pimpin Rapat Pembinaan dan Evaluasi SAKIP, RB DAN ZI di Hadiri Oleh Seluruh Kepala OPD

Kamis, 16 Juni 2022

KIP

460
Berita Daerah

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Serang menggelar Rapat Pembinaan dan Evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Tahun 2022 di Ruang Rapat Kh. Syam’un, Sekretariat Daerah Kabupaten Serang Jl. Veteran No. 01, Kotabaru, Serang, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116. 
Jum’at (03/06/2022). 
Rangkaian kegiatan tersebut dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektur dan Seluruh Kepala OPD Se-Kabupaten Serang, serta perwakilan Camat khususnya Camat yang mendapat pelimpahan kewenangan pengelolaan sampah . kegiatan ini meliputi Pembukaan,  Paparan Evaluasi dan Diskusi. 
Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi sejauhmana kesiapan dan komitmen kepala OPD dan camat dalam peningkatan implementasi Sakip, penilaian mandiri reformasi birokrasi (RB) dan pembangunan zona integritas (ZI).
"Pada kesempatan yang baik ini, kepada kepala Bappeda dan Inspektur agar menjelaskan secara singkat dan padat apa itu Sakip, Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, komponen – komponen apa yang dinilai dan kelemahan apa saja yang harus diperbaiki baik di tingkat sekretariat daerah maupun OPD. selanjutnya agar di monitoring langkah kerja opd dalam pengisian lembar kerja evaluasi (LKE), pemenuhan dokumennya dan menindaklanjuti saran perbaikan dari tim evaluator Kemenpan RB.," ujarnya. 
Ia meminta kepada tim pembina SAKIP, reformasi birokrasi (RB) dan pembangunan zona intergritas (ZI) agar mengasistensi opd untuk mengisi laporan kerja evaluasi (LKE) dan memperbaiki dokumen, seperti pohon kinerja, peta proses bisnis dan cros catting.
"Pada kesempatan ini pula, saya minta kepada para kepala opd harus meningkatkan pemahaman dan komitmen dalam penerapan Sakip dan Reformasi Birokrasi (RB), menjadi agen perubahan budaya kerja yang lebih baik, dan kepala OPD terlibat dalam proses penetapan kinerja dan strategi yang diperlukan untuk pencapaian target kinerja dan mitigasi resiko," imbuhnya.
Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah, Drs. H. TB Entus Mahmud Sahiri, M.Si menuturkan, Bahwa kegiatan pembinaan dan evaluasi implementasi SAKIP, PMPRB dan pembangunan ZI ini merupakan salah satu program kerja tim koordinasi Kabupaten Serang. kegiatan ini untuk mengukur perkembangan reformasi birokrasi dan melakukan pembinaan terhadap akuntabilitas kinerja OPD sekaligus sebagai langkah persiapan akan dilakukannya evaluasi oleh tim evaluator Kemenpan RB pada bulan agustus 2022. 
“Mengingat pentingnya acara ini, kami mengundang para kepala OPD dan 9 camat sebagai perwakilan yaitu kecamatan yang melaksanakan pelimpahan pengelolaan sampah. Harapan kami, para pimpinan OPD berkomitmen untuk meningkatkan perannya sebagai agen perubahan di OPD nya masing-masing dalam meningkatkan indeks reformasi birokasi dan akuntabilitas kinerja OPD untuk mencapai target kinerja pemerintah daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD dan Renstra OPD.,“ tegasnya. 

Sementara itu, Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah  berharap predikat SAKIP, pelaksanaan reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas di tahun mendatang dapat ditingkatkan dalam rangka peningkatan kinerja pemerintah daerah, birokrasi yang bersih, akuntabel dan kapabel serta pelayanan publik yang prima.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.