Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / bupati serang launching enam desa digital bank bjb

bupati-serang-launching-enam-desa-digital-bank-bjb

Bupati Serang Launching Enam Desa Digital Bank bjb

Jumat, 14 Oktober 2022

KIP

629
Berita Daerah

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melaunching enam (6) desa digital Bank bjb yang di pusatkan di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran. Sedangkan lima (5) desa lainnya mengikuti secara virtual.

 

Ke enam desa tersebut meliputi Desa Sindangheula Kecamatan Pabuaran, Desa Sidamukti Kecamatan Baros, Desa Domas Kecamatan Pontang, Desa Situ Teratai Kecamatan Cikande, Desa Tenjo Ayu Kecamatan Tanara, dan Desa Cijeruk Kecamatan Kibin.


 
Launching di tandai dengan penekanan sirine tersebut dilakukan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Asda III Ida Nuraida, CEO Regional 4 Bank bjb Edy Kurniawan Saputra, Pimpinan Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudradjat dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang.


 
Ratu Tatu mengatakan, Pemda Kabupaten Serang bersama Bank bjb memanfaatkan kemajuan digital saat ini untuk pelayanan di tingkat desa. Bank bjb mempunyai program laku pandai desa digital bukan hanya di enam desa melainkan untuk 326 desa di 29 kecamatan se Kabupaten Serang.

 

“Karena dengan menggunakan desa digital atau laku pandainya Bank bjb ini bisa sangat membantu untuk Pemda Serang dan masyarakat,”ujarnya pada Kamis 13 Oktober 2022.


 
Tatu mencontohkan, keuntungan yang diperoleh Pemda Kabupaten Serang yakni bisa meningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) atas pembayaran PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan bisa di tingkat desa. “Jadi tidak usah jauh nyari bank atau ATM di kantor desa juga ada, dan itu pastinya akan sangat luar biasa, setiap harinya PAD Kabupaten Serang bisa terbantu meningkat,”ucapnya.


 
Selain itu, lanjut Tatu, kemudahan yang diperoleh dengan hadirnya desa digital masyarakat bisa menabung yang harus menjadi kewajiban dengan kebiasaan menabung begitu juga bisa melakukan transaksi tarik tunai. Kemudian bagi mereka pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa menggunakan fasilitas kredit Bank bjb dengan nama kredit mesra maksimal Rp5 juta tanpa agunan dan tanpa bunga. 

 

“Program ini wajib dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Serang, dan tentunya perangkat desa mempunyai peran penting kemudian kecamatan dan pemda tentunya,”paparnya.

 

Pada intinya, Tatu memaparkan hadirnya pemerintah dibantu Bank bjb untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, lebih dekat, lebih akuntabel dan transparan. “Dengan seperti ini jadi sudah target pemerintah untuk semuanya serba digital itu Pemda Serang turut serta didalamnya,”terangnya.

 

Pimpinan Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudradjat mengatakan, bahwa sebenarnya di Kabupaten Serang dari sebanyak 326 desa 24 desa di antaranya sudah aktif program laku pandai. Hanya saja dari 24 tersebut 18 desa diantaranya belum bisa menjadi desa digital lantaran kurang satu yakni penyaluran kredit.

 

“Kalau yang 6 desa itu sudah kita salurkan kredit Bank bjb mesra setelah ada kredit itu lengkap dan sudah menjadi desa digital, sisanya yang 18 masih kategori maju dan nanti di tahun ini juga kita lengkapi fasilitas kreditnya bekerjasama di bjb mesra yang merupakan fasilitas kredit ultra mikro, karena plafonnya maksimal Rp5 juta dan sifatnya kelompok,”ujarnya. 

 

“Untuk satu kelompok minimal 5 orang, disini (Desa Sindangheula) sudah ada dua kelompok yang sudah disetujui lima orang dan enam orang, tapi khusus untuk di wilayah desa tersebut dan UMKM yang dihasilkan desa itu sendiri sesuai potensinya,”papar Sudradjat.

 

Selain itu, tambah Sudradjat, Bank bjb mengajak kepada masyarakat khususnya para pelajar untuk membiasakan menabung melalui program tabungan Bank bjb simpel atau simpanan pelajar. Untuk awal membuka rekening hanya sebesar Rp10 ribu dan selanjutnya Seribu Rupiah pun bisa. “(Buka rekening) itu tidak ada biaya. Jadi, itu kesadaran anak-anak, untuk sekolah dasar mulai dari sekolah dasar itu bisa pakai simpel,”terangnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Ratu Tatu juga membeli produk UMKM dengan cara pembayaran secara digital atau transfer melalui sistem barcode. Kemudian dilanjutkan meninjau ruang pelayanan di Kantor Desan Siundangheula dengan melayani salah satu warga membayar Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB.(*)

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.