Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / bupati serang: bintang sains bentuk karakter anak

bupati-serang-bintang-sains-bentuk-karakter-anak

Bupati Serang: Bintang Sains Bentuk Karakter Anak

Senin, 18 Mei 2020

Admin

1901
Berita Daerah

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan bahwa Bintang Sains 2020 merupakan sebuah dukungan untuk meningkatkan dunia pendidikan. Karena manfaatnya sangat luar biasa untuk memotivasi anak-anak untuk terus mau belajar.

“Dengan adanya keinginan mengikuti Bintang Sains, pastinya mereka ingin belajar mencari tahu tentang semua ilmu dampaknya sangat positif untuk anak-anak Kabupaten Serang,”ujar Tatu pada acara Bintang Sains 2020 tingkat SDN se- Kabupaten Serang di Gedung PGRI Kecamatan Mancak pada Senin (20/1/2020).

Sebab, target paling utama anak-anak harus punya keinginan sendiri untuk belajar. Sehingga perlu menciptakan dunia pendidikan yang membuat anak nyaman dan senang salah satunya digelarnya Bintang Sains. “Kita harus menciptakan pendidikan kepada anak-anak menjadi senang happy, jangan jadi hal yang menakutkan. Karena kalau senang belajar rata-rata angka lama sekolah itu meningkat, otomatis IPM (Indeks Pembangunan Manusia) pun terangkat,”paparnya.

Tatu juga mengungkapkan, Bintang Sains 2020 juga bertujuan untuk melatih anak-anak Kabupaten Serang agar mempunyai daya juang yang tinggi, dilatih untuk jujur dan dengan bertanding bisa mempunyai jiwa sebagai petarung.

“Hal ini tidak bisa di ciptakan tapi perlu dilatih agar mempunyai keinginan sebagai pemenang atau petarung. Bintang Sains amat sangat penting untuk pembentukan karakter anak-anak Kabupaten Serang,”tandasnya.

Tatu berpesan Bintang Sains bukan hanya ajang untuk berlomba menjadi juara, karena juara bisa raih dengan kerja keras. Akan tetapi harus dijadikan bahan evaluasi anak-anak didik agar mempunyai cita-cita yang tinggi. “Disisi lain juga sebagai ajang silaturahmi, kan adek-adek bisa bertemu teman-teman sekolah lain,”ucapnya.

Disisi lain, Tatu didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, Asep Nugraha mengajak kepada seluruh elemen yang berkaitan dengan dunia pendidikan harus menyiapkan anak didik dan diberikan pendidikan yang baik.

“Jangan pernah bermimpi menjadi daerah yang maju apabila kita tidak ada investasi untuk kemajuan dunia pendidikan. Jika daerah ingin maju, maka pendidikannya harus dimajukan terlebih dahulu,”tegasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugraha mengatakan, untuk jumlah siswa siswi SDN yang mengikuti Bintan Sains 2020 sekitar 7000 peserta dari 731 sekolah tersebar di 29 kecamatan. Dari jumlah itu terbagi untuk tahap per cluster pertama di Kecamatan Mancak, dilanjutkan di Kecamatan Cinangka, Anyer dan Gunung Sari.

“Untuk pembukaan kita konsentrasi saat ini peserta dari Kecamatan Mancak, siswa yang mengikuti 28 peserta, untuk setiap kecamatan akan di pilih 10 peserta. Artinya nanti akan ada 290 peserta yang masuk final dari 29 kecamatan,”ujarnya.

Hadir pada acara tersebut, para pengawas sekolah, para kepala sekolah, guru, unsur Muspika Kecamatan Mancak, dan ratusan siswa-siswi SDN se Kecamatan Mancak.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.