Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / bimbingan teknis pmba tingkat kabupaten serang

bimbingan-teknis-pmba-tingkat-kabupaten-serang

Bimbingan Teknis PMBA Tingkat Kabupaten Serang

Senin, 19 Oktober 2020

Admin

1329
Berita Daerah

Dalam rangka perbaikan gizi masyarakat khususnya stunting di Kabupaten Serang dan sebagai salah satu intervensi spesifiknya yaitu pemberian makan bayi dan anak (PMBA). Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan mengadakan Orientasi Starategi Perubahan Perilaku Melalui Bimbingan Teknis PMBA Tingkat Kabupaten Serang dengan tema generasi milenial sehat dan cerdas berawal dari pemberian gizi yang tepat sedini mungkin pada Agutus 2020 bertempat di Aula Dinkes Kabupaten Serang.

Narasumber dari Dinkes Kabupaten Serang menjelaskan tujuannya adalah untuk membekali tenaga kesehatan dengan pengetahuan, ketrampilan, dan alat bantu untuk mendukung ibu, ayah dan pengasuh dalam meningkatkan praktik pemberian makan kepada bayi dan anak serta ibu hamil serta optimal yang difokuskan pada pemantauan pertumbuhan, pemberian ASI, Pemberian Makanan Pendamping ASI, pemberian makan pada ibu, bayi dan anak berbasis masyarakat.

 

Narasumber pun menuturkan, informasi yang utuh ini dianggap penting untuk disampaikan kepada kader posyandu sebagai sumber daya potensial yang langsung berhubungan dengan sasaran PMBA. Tenaga kesehatan sebagai fasilitator PMBA perlu dibekali informasi menyeluruh dan utuh tentang 1000 hari pertama kehidupan sehingga mampu menyampaikan kembali kepada konselor PMBA di tingkat posyandu. 

 

Bimtek ini memiliki filosofi dalam penyelenggaraannya, yaitu prinsip andragogi, yaitu selama pelatihan peserta berhak untuk : Didengarkan dan dihargai pengalamannya dalam melaksanakan konseling PMBA, dipertimbangkan setiap ide dan pendapatnya yang berkaitan  dengan   kegiatan pelatihan, tidak dipermalukan, dilecehkan atau diabaikan        keberadaannya. Yang kedua berbasis kompetensi yaitu belajar sambil melakukan (learning by doing), atau berkesempatan melakukan eksperimen dan melakukan pengulangan atau perbaikan yg dirasa perlu dan Ketiga berorientasi kepada peserta.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2024 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.

Pemerintah
Kabupaten Serang
Hubungi melalui Telegram
resmi kami sekarang!
Hubungi Kami