Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / advokasi puskesmas cikeusal

advokasi-puskesmas-cikeusal

Advokasi Puskesmas Cikeusal

Selasa, 10 November 2020

Admin

1752
Berita Daerah

Masalah kesehatan masyarakat sampai saat ini masih menjadi perhatian bagi pemerintah. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan masih rendah. Tingkat kesehatan masyarakat yang tidak merata dan kesadaran masyarakat kurang terhadap masalah kesehatan. Dalam upaya meningkatkan derajat masyarakat Puskesmas Cikeusal melaksanakan pertemuan advokasi kesehatan dengan Muspika dan Tokoh Agama pada 22 Oktober lalu. Acara yang dihadiri oleh tokoh masyarakat perwakilan 15 desa yang ada di Kecamatan Cikeusal.

 Advokasi kesehatan  dilakukan untuk memperoleh komitmen atau dukungan dalam bidang kesehatan, atau yang mendukung pengembangan lingkungan dan perilaku sehat dari tokoh masyarakat dan muspika yang memiliki peran penting dalam masyarakat. Perilaku masyarakat yang masih tidak higienis ditambah lagi dengan tidak adanya sarana dan prasarana lingkungan yang mendukung berdampak pada kesehatan masyarakat yang tinggal pada pemukiman kumuh tersebut. Banyak masalah kesehatan masyarakat yang mungkin akan timbul akibat perilaku masyarakat dan kondisi lingkungan yang tidak memperhatikan kesehatan.

Dalam mewujudkan visi dan misi promosi kesehatan dilakukan tiga strategi yaitu advokasi dengan melakukan pendekatan para pembuat keputusan setempat. Selain itu dilakukan juga dukungan sosial melakukan pendekatan pada tokoh masyarakat formal maupun informal setempat. Terakhir adalah dilakukan pemberdayaan yaitu memampukan masyarakat atau memberdayakan masyarakat.

Upaya pendekatan kepada pemimpin atau pengambil keputusan supaya dapat memberikan dukungan, kemudahan dan semacamnya pada upaya pembangunan kesehatan. Oleh karena itu, saran advokasi adalah para pemimpin, swasta, organisasi swasta atau pemerintah yang memiliki pengaruh di masyarakat. Advokasi akan lebih efektif bila dilaksanakan dengan prinsip kemitraan yaitu dengan membentuk jejaring advokasi atau forum kerjasama. Pengembangan kemitraan adalah upaya membangun hubungan para mitra kerja berdasarkan kesetaraan, keterbukaan dan saling memberi manfaat sehingga dapat bertahan dengan ide dan kerja sama berbagai pihak.

Pembinaan yang maksimal dan pemberian teladan akan memaksimalkan  upaya untuk menciptakan masyarakat yang sehat. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah tentunya tidak menghilangkan masalah kesehatan keseluruhan. Namun dengan berubahnya perilaku masyarakat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) akan mengurangi faktor resiko untuk terjadinya berbagai masalah kesehatan masyarakat.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.