Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / 584 peserta ikuti seleksi calon paskibraka kabupaten serang 2024

584-peserta-ikuti-seleksi-calon-paskibraka-kabupaten-serang-2024

584 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Serang 2024

Minggu, 18 Februari 2024

Diskominfosatik Kab. Serang

191
Berita Daerah

Sebanyak 584 peserta atau Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari 29 kecamatan, mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Serang Tahun 2024. Jumlah tersebut peserta yang lolos seleksi administrasi dari 789 peserta yang mendaftar secara online melalui paskibraka.bpip.go.id.

 

Seleksi awal di buka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang, Epi Priatna di Lapangan Tenis Indoor Setda Kabupaten Serang pada Sabtu, 17 Februari 2024. Seleksi yang dilakukan Bakesbangpol merupakan tahun kedua yang sebelumnya melalui Dinas Kepemudaan Olah raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang.

 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang, Epi Priatna menuturkan, untuk seleksi awal saat ini ada dua seleksi yakni seleksi CAT (Computer Assisted Test) tentang pancasila dan wawasan kebangsaan yang tersistem langsung ke BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Pusat. Selanjutnya yang kedua yakni seleksi Intelegensia Umum atau IU.

 

”Kemudian ada seleksi-seleksi selanjutnya sampai tanggal 24 Februari. Mudah-mudahan pemilihan paskibraka disamping diutamakan fisik juga wawasan kebangsaan dan kesehatan juga sangat penting jangan sampai punya riwayat penyakit. Dari beberapa tahapan yang memang salah satunya tes kesehatan,”ungkapnya disela-sela kegiatan seleksi.

 

Menurut Epi bagi peserta calon paskibraka mempunyai kebanggan tersendiri. Sebab, dengan sebatas di utus dari sekolahnya masing-masing saja untuk mengikuti seleksi sudah menjadi suatu kebanggan. ”Apalagi nanti terpilih (Paskibraka) baik itu tingkat kabupaten maupun provinsi bahkan nasional,”katanya.

 

Epi menargetkan pada tahun ini salah satu Paskibraka Kabupaten Serang bisa kembali mewakili Paskibraka tingkat nasional seperti tahun sebelumnya. Sedangkan untuk tingkat provinsi bisa bertambah dari tahun sebelumnya 8 orang menjadi 10 orang. ”Keinginan Ibu Bupati juga bisa mewakili lagi di tingkat nasional maupun provinsi,”ucapnya.

 

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Wawasan Kebangsaan Ideologi Pancasila (Wasbang) Bidang Wawasan Kebangsaan dan Ekonomi Sosial, Budaya dan Agama Bakesbangpol Kabupaten Serang, Padri AS mengatakan, untuk pendaftaran calon paskibraka secara online dibuka sejak 29 Januari sampai 11 Februari. Dari 789 yang mendaftar yang lolos seleksi administrasi hanya 584 berdasarkan hasil verifikasi yang memenuhi syarat.

 

”Dari 584 yang mengikuti seleksi saat ini yang lolos passing grade aturan dari pusat minimal ambang nilainya 70. Sedangkan untuk syarat tinggi badan untuk laki-laki minimal 170 centimeter dan perempuan 165 centimeter,”ujarnya.

 

Padri menjelaskan, adapun urutan yang akan dilaksanakan dengan sistem gugur bagi peserta yang tidak lolos meliputi seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensia umum, seleksi kesehatan, dan seleksi parade. ”Sedangkan untuk seleksi masuk dalam pemeringkatan yakni seleksi peraturan baris berbaris dan kesamaptaan, kemudian seleksi kepribadian,”katanya.

 

Berdasarkan hasil seleksi, lebih lanjut Padri menjelaskan akan memilih untuk Kabupaten Serang sebanyak 55 orang dan untuk ke tingkat Provinsi Banten 10 orang dengan total sebanyak 65 orang sesuai dengan kebutuhan daerah. ”Untuk yang 10 jika lolos masuk paskibraka tingkat provinsi, yang tidak lolos di kembalikan ke kita. Kita merekrut lebih untuk mengantisipasi jika ada yang sakit jadi ada cadangannya,”paparnya.

 

Penulis Arif Soleh

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.