Jl. Veteran No 1 Pendopo Kab. Serang

layanan[at]serangkab.go.id

(0254) 200-252

Berita / 27 anak penderita celah bibir dan langit-langit dapat operasi gratis

27-anak-penderita-celah-bibir-dan-langit-langit-dapat-operasi-gratis

27 Anak Penderita Celah Bibir dan Langit-langit dapat Operasi Gratis

Senin, 18 Mei 2020

Admin

2023
Berita Daerah

Sebanyak 27 anak penderita celah bibir dan langit-langit di Kabupaten Serang mendapatkan bantuan berupa operasi gratis. Sebagai kegiatan bakti sosial Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Saeful Anwar Malang bekerjasama dengan Yayasan Sekar Lintas Nusantara dan PT. Barata Indonesia.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah atas nama pribadi dan pemerintah daerah (pemda), mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya atas bantuan untuk masyarakat Kabupaten Serang. Dia menyebutkan, kegiatan bantuan operasi bibir sumbing sangat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Serang.

“Yang mendapatkan bantuan operasi bibir sumbing sebanyak 27 anak dari jumlah 30 orang, karena yang 3 mengundurkan diri karena faktor kesehatan. Anak yang mendapatkan operasi ini berusia 3 sampai 13 tahun ini tentunya ini sangat bermanfaat untuk masa depan mereka,”ungkap Tatu usai penyambutan Tim Bakti Sosial Operasi Sumbing dan langitan di Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara (RSDP) Serang pada Jum’at (31/01/2020).

Tatu berharap anak-anak yang mendapatkan operasi gratis bisa hidup sempurna. Karena dengan kondisi fisik yang sempurna mereka bisa mengenyam dan mendapatkan pendidikan yang lebih baik. “Kemudian bisa hidup di tengah-tengah masyarakat layaknya seperti anak-anak yang lain, dengan tidak ada rasa minder dan lain sebagainya,”ujarnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, Tatu ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang yang sudah bekerjasama dengan RSDP Serang. Tatu juga berharap, kegiatan tersebut bukan hanya kali ini saja akan tetapi berlangsung kedepannya juga. “Terselenggaranya kegiatan ini atas upaya Dinkes dan Puskesmas yang mendata anak penderita celah bibir dan langit-langit,”terang Tatu.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur RSDP Serang, dr Rachmat Setiadi, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sumayadi, dan para pejabat RSDP Serang serta puluhan keluarga yang mendapatkan bantuan operasi bibir sumbing.

dr Herman Spesialis Bedah Plastik Rekontruksi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Rumah Sakit Umum Daerah dr Saeful Anwar Malang mengatakan, bahw akegiatan operasi bibir sumbing sebagai bakti sosila PT. Barata Indonesia perusahan perwakila dari Jerman ingin membantu dan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dan RSUD dr Saeful Anwar Malang. “Kemudian kami koordinasi dengan Pemda Serang yakni Ibu Bupati Serang. Kalau untuk waktu lama operasinya paling 1 sampai 2 jam,”ujarnya. 

Dengan di pilihnya bakti sosial di RSDP Serang, kata Herman, RSDP Serang merupakan rumah sakit rujukan atau menampung pasien dari lima kabupaten dan kota di Banten. “Seperti kita lihat, segmen pasien disini banyak sekali,”katanya. Seraya menambahkan, jika kegiatan bakti sosial bukan hanya di Kabupaten Serang melainkan di seluruh Indonesia.

Berita Terkait

logo serangkab

Pemerintah

Kabupaten Serang

Ikuti Kami

Kontak Kami

Alamat

© 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Serang. All Rights Reserved.