• Minggu, 9 Agustus 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
wabup-serang-letakan-batu-pertama-pembangunan-gedung-fspp

Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa meletakan batu pertama pembangunan gedung Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang. Pandji berharap, kedepan FSSP menjadi wadah seluruh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Serang.

“Mudah-mudahan ini menjadi wadah pengikat kekompakan pondok pesantren di Kabupaten Serang,” ujar Pandji usai meletakan batu pertama di Kampung Baruan, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran pada Rabu, (17/06/2020).

Pandji memastikan, untuk kelancaran pembangunan gedung FSPP dengan lahan seluas 350 meter tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) memberikan bantuan melalui Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun, harus melalui mekanisme dimana diharuskan mengajukan proposal terlebih dahulu.

“Kita akan bantu Rp200 juta, kita lihat nanti gimana teknisnya mudah-mudahan bisa dalam bentuk uang. Kalau untuk operasional pun kita bantu hanya Rp50 juta,”terang Pandji.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kabupaten Serang, Febrianto mengatakan, bantuan sebesar Rp200 juta akan direalisasikan pada tahun 2021 mendatang dengan syarat mengajukan proposal melalui serangopen. Dia memastikan, bantuan tersebut dalam bentuk bangunan bukan uang tunai.

“Nanti kita dorong pihak Dinas Perkim yang akan membangunnya, nanti kita lihat mana yang harus dibangun oleh Perkim melalui bantuan RP200 juta itu. Kalau untuk operasional benar hanya Rp50 juta, sama pencairannya pada tahun 2021,”terang Febrianto.

Hadir pada peletakan batu pertama tersebut, Komandan Korem (Danrem) 064/MY Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko, Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Banten Kombes Pol Riky Yanuarfi, Anggota DPRD Banten Fraksi Golkar Dapil Kabupaten Serang, Muchsinin, dan para Pengurus FSPP Kabupaten Serang.

Ketua Panitia Pembangunan Gedung FSPP Kabupaten Serang, Faturrahman Hasan mengatakan, untuk luas lahan dengan total 350 meter. “Rinciannya, 200 meter untuk bangunan, 100 meter untuk lahan parkir dan 50 meter hibah dari pemilik lahan untuk pembangunan musholah,”ujarnya.

Sedangkan untuik dana yang diubutuhkan sekitar 1 miliar untuk pembangunan gedung lahan parkir dan musholah berasal dari urunan dari para pimpinan ponpes se Kabupaten Serang. Bantuan juga akan ada dari Pemda Serang, dan bahan matrial dari Kapolda Banten berupa 150 meter keramik, Anggota DPR RI Fraksi PKS, Ahmad Jazuli sebanyak 200 sak semen, Anggoat DPRD Banten, Muchsinin dari Fraksi Golkar sebanyak 100 sak semen.

“Infonya Pak Danrem Serang, Kejati Banten juga akan membantu,”ujar Faturrahman yang juga Sekretaris Jendral (Sekjen) FSPP Kabupaten Serang.(*)

Top