• Kamis, 26 November 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
tpid-triwulan-iii

Koordinasi Tim Pengendlian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Serang triwulan III TA. 2020 dilaksanakan pada 22 September 2020 lalu bertempat di Ruang Rapat Asda II. Rapat yang dipimpin langsung oleh Asda II selaku sekretaris tim pengendalian inflasi daerah (TPID). RApat koordinasi ini diselenggarakan pula secara zoom dengan peserta yang berasal dari OPD Kabupaten Serang, BPS Kabupaten Serang, Bulog Sub Drive Serang dan Bank Indonesia. Narasumber pada rapat koordinasi ini adalah Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten melalui aplikasi zoom.   

Dalam sambutan pembukaannya Bapak Asda menyampaikan bahwa koordinasi harus dilakukan untuk memastikan bagaimana situasi dan kondisi stok produsi, distribusi, dan konsumsi serta dari sisi konsumen akan kebtuhan masyarakat berupa sembako tidak terganggu. Bahwa persoalan inflasi tidak bisa dipisahkan dari urusan pangan rakyat. Sehingga seluruh pihak berkewajiban memikirkan dan mengurusi persoalan masyarakat. Bahan komoditi seperti cabai merah, bawang merah dan putih, minyak goreng, daging ayam, dan lainnya. Yang sempat dikeluhkan masyarakat maupun para pedagang. Dalam menghadapi situasi saat ini yang masih dalam masa pandemi covid-19, hal yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi tentu harus menjadi perhatian.

Papaaran dari sumber BI Perwakilan prov. Banten  dengan tema “ perkembangan inflasi nasional, Provinsi Banten, inflasi Kota Serang dan trend inflasi kedepan” . Inflasi nasional pada Agustus 2020 tercabut sebesar 1,32%. Angka tersebut tercatet menurun dibanding capaian  pada triwulan II 2020 yang sebesar 2,19% . Secara spasial penurunan yang terjadi pada tekanan inflasi pada priode laporan didorong oleh rendahnya inflasi regional Sumatera dan Bali. Inflasi Provinsi Banten pada Agustus 2020 tercatat sebesar 1,52  atau menurun dibanding kan triwulan II 2020 yang mengalami inflasi sebesar 2,49%. Penurunan teknan inflasi Banten dipengaruhi oleh deflasi yang terjadi pada kelompok volatile food pada Agustus 2020.

TPID Kabupaten Serang perlu waspada di akhir tahun 2020. Mengingat adanya tren peningkatan tekanan inflasi diakhir tahun. Beberapa hal juga perlu menjadi perhatiann, diantaranya adanya kemungkinan lonjakan konsumsi masyarakat menelang libur akhir tahun. Disisi lain, TPID juga perlu waspda pada beberapa komoditas persisten inflasi di akhir tahun.

Dengan koordinasi  terus berkesinambungan serta aksi yang dilakukan oleh anggota Tim TPID diharapkan inflasi di Provinsi Banten khususnya Kabupaten Serang dapat turun dan daya beli masyarakat kembali normal. OPD teknis diharapkan lebih dapat berperan dan memberikan tindakan nyata yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

 

 

Top