• Selasa, 26 Januari 2021
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
sosialisasi-kelompok-informasi-masyarakat-tingkat-kecamatan-kramatwatu

Pada tanggal 9 Maret 2020 telah dilaksanakan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dilaksanakan di aula Kecamatan Kramatwatu. Kegiatan KIM ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam bidang komunikasi dan informasi untuk masyarakat. Kegiatan sosialisasi kelompok informasi masyarakat langsung dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, dalam sambutannya Kadis Kominfosatik menyampikan pentingnya pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) di setiap Kecamatan melalui forum komunikasi tingkat kecamatan dan keberadaan KIM sendiri sudah lama di sosialisasikan Kementrian Kominfo sejak 2010.

Materi Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat  disampaikan langsung oleh Kasi Pelayanan Informasi Publik. Materi tersebut merupakan materi terkait kim  sesuai dengan peraturan Menteri Kominfo. Tujuan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat  adalah agar dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dari Pemerintah Daerah ataupun dari masyarakat ke Pemerintah Daerah.

Bahwa di setiap kecamatan, kota dan kabupaten perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya, sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok.

KIM dibentuk untuk menemukan masalah bersama mengenai diskusi anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama dan mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

Materi kedua disampaikan langsung oleh Kasi Bagian Kesra tentang Serang Open ( Hibah dan Bansos ). Serang Open bertujuan agar jalannya dana bantuan yang diturunkan Pemerintah Kabupaten Serang untuk membiayai berbagai proyek sosial yang diinginkan masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Seluruh proses dalam Serang Open dapat terlihat dan diawasi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sosialisasi ditutup dengan memperkenalkan Kelompok Informasi Masyarakat yang sudah dibentuk di Kecamatan Kramatwatu.

Top