• Minggu, 1 Agustus 2021
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
peresmian-media

Dinas Kominfosatik Kabupeten Serang turut menghadiri pembukaan portal media TribunBanten.com rpada Rabu (18/11/2020) malam melalui zoom meeting. TribunBanten.com merupakan portal dari Tribun Network ke-48. Acara launching TribunBanten.com dimulai dari pukul 19.00 WIB. Peresmian dilakukan oleh Chief Executive Officer Tribun News Network dalam kata-kata peresmiannya dikatakan melalui portal media TribunBanten.com menginginkan agar Banten dapat dikenal di tingkat nasional.

Dalam sambutannya dikatakan hadirnya TribunBanten.com akan menampilkan keberagaman Banten perlu dilihat, tentunya dengan menghadirkan pula wartawan-wartawan yang memiliki perspektif lokal.

Acara ini dihadiri sejumlah tamu undangan, di antaranya yaitu Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Inspektur Jenderal Polisi Fiandar, Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dan tamu undangan lainnya. Diinformasikan pula bahwa media ini tak hanya memberitakan informasi di Banten, namun TribunBanten.com juga akan berkantor di Kota Serang,   Banten. Acara ini dipandu oleh Pemimpin Redaksi Tribun Sumatera Selatan dan Pemimpin Redaksi TribunBanten.com. Setelah acara launching TribunBanten.com ada webiner bertema “Pilkada Aman dan Nyaman saat Pandemi".


Diskominfo Kabupaten Serang menyadari bahwa media berita online telah menjadi bagian dari perjalanan pers nasional. Sebagai bagian dari media elektronik, media online tumbuh subur di Indonesia terutama sekitar lima tahun terakhir ini ketika teknologi sangat mendukung keberadaannya dan kebiasaan mengakses berita telah berubah.


Oleh sebab itulah, media online memegang peranan penting dalam pers nasional dewasa ini. Tidak hanya karena jumlahnya yang besar tetapi dampaknya terhadap publik juga sangat luas. Dengan jumlah yang luar biasa besar ini maka tanggung jawab media online di dalam lingkungan pers besar. Kedua, karena tanggung jawabnya besar maka media online seharusnya memainkan peran penting di dalam kehidupan pers nasional.

Tantangan untuk menampilkan media online yang begitu banyak jumlahnya sebagai media yang mencerdaskan bangsa tentu tidak mudah. Ada hukum ekonomi dan juga budaya mencari pengunjung sebesar-besarnya untuk mencapai target page view.

 
Tujuan pembuatan media online Jika hanya motif ekonomi yang menguat maka informasi yang disuguhkan semata-mata demi mengejar jumlah pengunjung atau mencapai klik sebanyak-banyaknya. Jika ini banyak dilakukan puluhan ribu situs itu, maka media online hanya menjadi penyebar berita dan informasi yang tidak bermutu bahkan mungkin tidak mencerdaskan. Pemerintah Kabupaten Serang mengharapkan media yang ada saat ini mengedepankan professionalitas  dan menampilkan berita yang berkualitas.

Top