• Minggu, 1 Agustus 2021
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
pemkot-palembang-tiru-program-hibah-online-pemkab-serang

Ketua dan Anggota Komisi I DPRD Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada Selasa (11/02/2020). Kunker para wakil rakyat Palembang itu untuk belajar terkait pelayanan yang berbasis elektronik.

Wakil Ketua DPRD Kota Palembang, Sri Wahyu beserta rombongan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominsatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya, Kepala Bagian (Kabag) Fasilitas Pimpinan (Faspim), Eman Supriyadi, Kabag Tata Pemerintahan Rudianto, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Aula Tb. Syam’un Setda Kabupaten Serang.

Kepala Diskominsatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya memaparkan berbagai aplikasi yang sudah diluncurkan untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya, Sistem Penyaluran dana desa (Siapdes), Sisumaker, Sistem informasi kelitbangan (Siska), Serangopen (program bantuan hibah dan bantuan sosial online) dan lainnya.

"Kami juga mendapatkan penghargan atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo di Batam,"ujar Anas.

Usai Kepala Diskominsatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya memberikan pemaparan, dilanjutkan untuk dialog. Wakil Ketua DPRD Kota Palembang, Sri Wahyu mempersilahkan kepada ketua dan anggota komisi I untuk bertanya. Setiap pertanyaan, di jawab langsung oleh Kepala Diskominsatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya dan terkait teknis dijelaskan pejabat bersangkutan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Palembang, Nazili mengapresiasi pelayanan Pemkab Serang dengan sistem yang sudah berbasis elektronik. "Disini (Pemkab Serang) sudah baik sekali menerapkan beberapa aplikasi yang bisa di akses masyarakat langsung, mudah-mudahan dengan hasil kunjungan disini bisa di terapkan di Palembang,"ujarnya.

Berdasarkan hasil pertanyaan dan pemaparan pada dialog tersebut, Nazili lebih fokus pada pelayanan berbasis elektronik terkait bantuan hibah dan bantuan sosial (bansos) online melalui aplikasi Serang Open. Diketahui, Pemkab Serang sejak tahun 2018 lalu sudah mengimplementasikan program dana hibah bansos secara online.

"Salah satu sistem pelayanan berbasis elektronik itu hibah dan bansos bisa di akses masyarakat langsung, mudah-mudahan kami bisa segera meniru atau mengaplikasikan di Pemkot Palembang. Selain itu, untuk pelayanan pajak online juga bagus,"ujar Politisi Partai Gerindra ini. Usai dialog, dilakukan penukaran cinderamata dan dilanjutkan foto bersama.

Top