• Kamis, 26 November 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
pembinaan-posyandu-cikeusal

Puskesmas Cikeusal mengadakan pembinaan posyandu pada Oktober 2020 lalu bertempat di Desa Cimaung. Hadir perwakilan pengurus posyandu dari 15 desa yang ada di Kecamatan  Cikeusal. Posyandu merupakan pelayanan langsung pada masyarakat utamanya balita.  Pelayanan Kesehatan (Health Care Services) menjadi salah satu yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

Karena keberadaan fasilitas kesehatan sangat menentukan dalam pelayanan pemulihan kesehatan, pencegahan terhadap penyakit, pengobatan dan keperawatan serta kelompok dan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan. Ketersediaan fasilitas sangat berpengaruh oleh lokasi, apakah dapat dijangkau oleh masyarakat atau tidak, tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan, informasi dan motivasi masyarakat untuk mendatangi fasilitas dalam memperoleh pelayanan, serta program pelayanan kesehatan itu sendiri apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Semakin mudah akses individu atau masyarakat terhadap pelayanan kesehatan maka derajat kesehatan masyarakat semakin baik.

Keberadaan pengurus posyandu penting diperhatikan dan dibekali berbagai pengetahuan selain kesehatan balita juga diberikan pembinaan terkait kesehatan lingkungan.  Bidan Desa yang melakukan pembinaan terkait posyandu dan kesling. Kesling memiliki prinsip-prinsip yang harus dipenuhi yaitu memutus mata rantai terjadinya gangguan kesehatan dan penyakit, bisa juga dikatakan bahwa ‘Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati’. Melindungi dan mewujudkan lingkungan yang sehat sebagai hak asasi manusia karena telah diatur dalam perundang-undangan negara kita, tetap melanjutkan dan melestarikan gaya hidup yang sehat sebagai parameter umum akan kebersihan, kesehatan, keamanan dan kenyamanan, serta bersifat holisme, multidisipiner dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan terintegrasi dalam mewujudkan kesehatan lingkungan hidup beserta masyarakat.

Dalam meberikan materi terkait kesehatan, bidan desa juga memberikan tujuan kesehatan masyarakat. Tujuan pemeliharaan kesehatan masyarakat yaitu terciptanya keadaan serasi sempurna dari semua faktor yang ada di lingkungan fisik manusia sehingga perkembangan fisik manusia dapat diuntungkan dan kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dapat dipelihara dan ditingkatkan. Tujuan pertama akan mengurangi pemanasan global yaitu dengan menanam tumbuhan sebanyak-banyaknya pada lahan kosong, maka kita juga ikut serta mengurangi pemanasan global, karbon, zat O2 (okseigen) yang dihasilkan tumbuhtumbuhan dan zat tidak langsung zat CO2 (carbon) yang menyebabkan atmosfer bumi berlubang ini terhisap oleh tumbuhan dan secara langsung zat O2 yang dihasilkan tersebut dapat dinikmati oleh manusia tersebut untuk bernafas.  Tujuan kedua adalah menjaga kebersihan lingkungan dan dengan lingkungan yang sehat maka kita harus menjaga kebersihannya, karena lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih dari segala penyakit dan sampah. Sampah adalah musuh kebersihan yang paling utama

Top