• Selasa, 22 September 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
lantik-pengurus-lptq-ini-pesan-mendalam-bupati-serang

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melantik Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Serang periode 2020-2024. Pelantikan bertempat di Aula Tubagus Suwandi Setda Kabupaten Serang pada Jum’at (10/1/2020).  

Ratu Tatu Chasanah berpesan kepada seluruh Pengurus LPTQ yang baru dilantik untuk tidak fokus meraih juara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). Tetapi targetnya masyarakat Kabupaten Serang bisa membaca, memahami, dan mengamalkan kandungan kitab suci Al Qur’an.

“Saya berharap tugas LPTQ tidak hanya sekedar mengejar juara di setiap MTQ, itu adalah bonus hasil kerja keras, itu ujungnya kesana. Tapi yang lebih penting lagi bagaimana masyarakat Kabupaten Serang semua bisa membaca al qur’an secara baik dan benar, memahami kandungannya, kemudian mengamalkannya,”ungkap Tatu kepada wartawan usai pelantikan.

Oleh karena itu Tatu meminta LPTQ bisa lebih fokus terkait hal itu. Dia meyakini jika sebagai umat muslim mengamalkan isi kandungan al qur’an dalam menjalankan kehidupan akan baik dan benar.

“Sekarang ini persoalan-persolan yang ada di masyarakat baik persoalan menyangkut aqidah, norma-normal sosial, beberapa pelanggaran norma sosial yang dilanggar. Jadi kita atau masyarakat muslim belum mengimplementasi isi kandungan al quran itu. Ini yang harus difokuskan jajaran Pengurus LPTQ,”tegas Tatu.

Sebab, menurutnya, jika LPTQ mempunyai perencanaan yang baik untuk menyosialisasikan serta membomingkan dengan melatih anak-anak Kabupaten Serang membaca al qur’an dengan benar, mengajarkan kandungan dan diamalkan itu sebuah bukti keberhasilan LPTQ. “Saya ingatkan lagi ini. Saya meminta perencanaan keseluruhan dan target-targetnya seperti apa,”tandas Tatu.

Kemudian, tambah Tatu, LPTQ juga harus intens melakukan komunikasi ke pondok-pondok pesantren untuk memulai ponpes mana saja untuk bisa mewakili dalam pembinaan yang dilakukan LPTQ. “Karena yang saya tahu ponpes masing-masing punya keahlian yang diajarkan secara spesifik, seperti fokus pada tafsir qur’an, kaligrafi dan lainnya,”tuturnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Serang, Budi Haryadi mengatakan, bahwa akan fokus melakukan pembinaan dari tingkat desa sampai tingkat kecamatan. Mengingat, terkait LPTQ punya sejarah memiliki qori putra daerah asal Kabupaten Serang tahun 1970 sampai 1980 an juara internasional.

“Awal setelah dilantik kita rakerda menyusun perencanaan dimulai melakukan pembinaan ditingkat kecamatan sampai desa, sehingga menghasilkan potensi bakat yang selama ini mungkin terpendam. Karena sejarahnya Kabupaten Serang gudangnya qori, Insya Allah kalau pembinaan secara kontinyu akan menghasilkan aset yang laur biasa,”ujarnya.

Top