• Selasa, 26 Januari 2021
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
koordinasi-pengaduan

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang melaksanakan rapat koodinasi laporan masyarakat pada 9 November 2020 di ruang Asda II Setda Kabupaten Serang.  Dalam koordinasi dibahas terkait laporan masyarakat  dari aplikasi LAPOR. Hadir pada rakor ini unsur OPD DPMD, Kabag Hukum, Unsur Forum Sekretaris Desa (Forsekdes), Unsur PPDI, Unsur Perwakilan Desa Cikande Permai dan Diskominfosantik dihadiri oleh Sekretariat PPID Kabupaten Serang.

Dalam pembahasan rakor dijelaskan bahwa pengaduan masyarakat dapat berupa keluhan yang bersifat membangun yang mengandung informasi adanya indikasi penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang oleh Aparatur atau pihak yang mendapatkan izin atau perjanjian kerja  yang dapat mengakibatkan kerugian masyarakat dan negara. Dan sumbang saran, kritik, gagasan yang membangun yang mengandung informasi yang bermanfaat bagi perbaikan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Pada kesempatan sebelumnya Diskominfosantik telah meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk tanggap terhadap setiap aduan masyarakat dan kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

Hal tersebut sesuai pelaksanaan undang-undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.yang dijabarkan dalam permenpan 62/2018 tentang  PEDOMAN SISTEM PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL tersebut secara efektif dan akuntabel dalam meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang untuk menghasilkan suatu proses penangkapan pengaduan yang mudah murah cepat dan bertanggung jawab.

Berdasarkan data yang diperoleh dari aplikasi LAPOR.go.id jumlah pengaduan masyarakat sampau dengan triwulan III sebanyak 48 laporan masuk. Dengan berbagai jenis pengaduan terutama terkait pandemic yang sedang melanda termasuk pemberian sumbangan dan bantuan covid 19. 

Top