• Kamis, 26 November 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
keamanan-informasi

Dinas Kominfosatik Kabupaten Serang mengadakan implementasi teknis dasar-dasar keamanan jaringan “ bug bounty program” pada hari selasa s.d kamis tanggal 10 s.d 12 November 2020, bertempat di Lido Lake Resort Kabupaten Bogor. Acara yang dihadiri oleh Kominfo dan unsur TNI Grup I Kopassus, perguruan tinggi di Serang anatara lain Untirta, Unsera dan Unbaja. Acara dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Serang dengan Narasumber pada acara ini adalah Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo RI  dan Narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara RI.

 

Dalam sambutan pembukaannya Sekda Kabupaten Serang menjelaskan terkait aspek keamanan dalam teknologi dan informasi memegang peranan yang penting dalam menjaga kelancaran dan kerahasiaan suatu informasi. Dalam upaya melindungi sebuah informasi dibutuhkan keamanan informasi baik secara fisik dan logik. Kemanan fisik berupa keamanan infrastruktur yang mengoperasikan pertukaran informasi tersebut seperti tempat komunikasi, tempat penyimpanan informasi, alat komunikasi yang mentransmisikan informasi, serta perangkat pendukungnya. Sementara untuk keamanan logik berupa keamanan dalam bentuk digital yang mencakup password, sertifikat elektronik, akses login, otentikasi, dan tingkat otoritas yang dapat mengakses sebuah informasi.

 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa perpaduan keamanan informasi secara logik dan fisik tentunya perlu diatur dengan tata kelola keamanan informasi sehingga diperlukan kebijakan dari organisasi agar suatu keamanan informasi dapat berjalan dengan baik dan lancar serta terjaga keamanannya. Sinergi dalam suatu keamanan informasi sangatlah diperlukan karena itu pemerintah kabupaten serang memandang perlu untuk mengajak pihak yang berkaitan dan dunia pendidikan untuk ikut berpartisipasi dalam menerapkan sistem keamanan informasi yang handal.

 

Narasumber dari Kemenkominfo dan BSSN memberikan materi terkait Basic Information Security, Information Gathering dan pada pemaparan materi berikutnya diberikan materi terkait Scanning Teechnique, Network Attack, Web Application, dan Exploit Developmentdan materi lainnya yang berkaitan. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat mendukung program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Serang.

Top