• Minggu, 1 Agustus 2021
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
fasilitasi-kabupaten-serang-sehat-di-carenang

Sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan indeks kesehatan di Kabupaten Serang merupakan tema  Sosialisasi Fasilitasi Kabupaten Serang Sehat di Carenang yang dilaksanakan pada 22 Oktober 2020.  Acara yang dibuka  Camat Carenang dihadiri oleh  Tokoh Masyarakat Carenang, unsur Puskesmas Carenang, Dinas Kesehatan Kabupaten Serang dan Bappeda Kabupaten Serang,

Dalam pembukaannya disampaikan bahwa Kecamatan Carenang yang terdiri dari 8 desa menginginkan meningkat indeks kesehatannya sehingga dapat mendukung program Kabupaten Serang Sehat. Masyarakat Carenang turut membantu dan menyambut baik seluruh program dan kegiatan yang disampaikan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bappeda Kabupaten Serang selaku Tim Pembina Kabupaten Serang sehat sebagai narasumber. Disampaikan oleh Narasumber bahwa Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Indikator dalam penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat terdiri dari Indikator Pokok dengan beberapa sektor utama, antara lain Angka partisipasi sekolah; Indeks Keluarga Sehat; Akses air minum; Akses sanitasi; Angka kawasan kumuh; Angka kriminalitas dan Tidak ada gelandangan dan pengemis di tempat fasilitas umum.

Pada akhir paparannya Kepala Bappeda mengamanatkan agar dilakukan upaya mendukung Kabupaten Sehat di tingkat kecamatan antara lain membentuk tim pembina kecamatan dan forum komunikasi kecamatan sehat, menyiapkan sekretariat Forum Kecamatan Sehat (papan nama, sk & struktur organisasi tim pembina kecamatan, SK Forum Kecamatan Sehat), menyusun rencana kerja program kegiatan yang mendukung indikator tatanan wajib serta target capaian dan anggarannya (input dalam sim sehat), menguraikan dan mendokumentasikan pelaksanaan program kegiatan (undangan, daftar hadir, notulen, foto kegiatan) untuk selanjutnya diinput dalam sim sehat, mengumpulkan seluruh desa yang ada di kecamatan tersebut dan menyampaikan informasi untuk menyiapkan SK Pokja Desa Sehat (disamakan dengan desa SK Siaga Aktif) rencana kerja & laporan pelaksanaan seperti halnya yang dilakukan kecamatan.

Pada prinsipnya program Kabupaten Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada , yang nantinya dapat mendekatkan program – program pembangunan yang dilakukan kepada masyarakat karena dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada “proses” daripada “output”. Pemerintah Kabupaten Serang dalam hal ini Forum Sehat mengharapkan dengan dukungan masyarakat Kecamatan Carenang  dapat meningkatkan kondisi kesehatan yang sempurna yang di cita-citakan

 

Top