• Minggu, 9 Agustus 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
dukung-program-polri-bupati-serang-resmikan-kampung-tangguh

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membuka Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya (KTNK) di Halaman Kantor Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin Kamis (25/06/2020). KTNK merupakan program Kapolri Jendral Pol Idham Azis melalui Polres Serang Polda Banten dalam upaya memutus rantai penyebaran wabah covid-19.

“Saya mengapresiasi program yang luar biasa untuk Kabupaten Serang, kami akan menduplikasikan di seluruh RW (rukun warga) karena di Kabupaten Serang tahun kedua sedang dilaksanakan lomba kampung bersih dan aman (LKBA). Jadi, kampung tangguh langsung dimasukan dalam kriteria penilaian program lomba kampung bersih dan aman,”ujar Tatu kepada wartawan.

 

Kriteria yang dimaksud, lanjut Tatu, penilaian tergabung dalam LKBA lebih fokus pada persoalan untuk penanggulangan wabah covid-19 tentunya tentang kesehatan, dan penguatan perekonomiannya. “Sebanyak 1.511 RW akan serentak di tahun 2020 ini dilombakan sekaligus,”terang Tatu.

 

Untuk mekanisme atau penilaian Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya akan lebih banyak ditangani oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dan jajaran Puskesmas. “Kampung tangguh selain fokus pada kesehatan, juga ekonominya harus tangguh. Masyarakat harus berdaya, tangguh secara mandiri dari sisi kesehatan dan ekonomi atas dampak covid-19,”tandas Tatu.

 

Sebelum tim penilaiannya dari TNI, Polri dan Pemkab Serang petugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) turun ke lokasi untuk menyosialisasikan kepada setiap RW. “Mudah-mudahan dengan dimasukan kriteria penilaian kampung tangguh bisa lebih efektif dalam menyosialisasikan memutus rantai wabah covid-19,”tuturnya.

Tatu menambahkan, dengan dipilihnya Kampung Panebong Curug, Desa Nambo Ilir sebagai pilot project percontohan kampung tangguh karena sebgai juara pada LKBA tahun 2019 lalu.

Usai membuka Pencanangan, Tatu didampingi Kapolres Serang AKBP Mariyono, Camat Kibin Imron Ruhyadi meninjau langsung Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya yakni di Kampung Panebong Curug, Desa Nambo Ilir dan menggunting pita.

Sementara Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan dipilihnya Kampung Panebong Curug, Desa Nambo Ilir ini merupakan pilot project percontohan. Kemudian di 17 kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Serang Kabupaten juga akan dibentuk.

“Untuk kegiatannya yaitu pencegahan penyebaran virus covid-19 juga ketahanan pangan, bagaimana memberdayakan seluruh masyarakat untuk sama-sama bergotong royong dalam rangka upaya pencegahan juga ketahanan pangan di wilayah Hukum Polres Serang Kabupaten. Ini dilaksanakan sampai wabah copvid 19 selasai,”ujarnya.

AKBP Mariyono menjelaskan, untuk penilaian Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya ada 13 item penilaian berdasarkan telegram dari Mabes Polri salah satunya pencegahan penyebaran dan ketahanan pangan. “Ketahanan pangan dimaksud dengan pemberdayaan masyarakat seperti ternak lele. Sedangkan untuk pencegahan sadar akan kesehatan salah satunya selain menggunakan masker juga rajin mencuci tangan,”tuturnya.(*)

Top