• Selasa, 22 September 2020
  • Email : layanan[at]serangkab.go.id
  • Phone : (0254) 200-252
logo
bupati-serang-ambil-sumpah-398-cpns-menjadi-pns

Sebanyak 398 calon pegawai negeri sipil (CPNS) diambil sumpah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah pada Rabu (08/7/2020). Pengambilan sumpah berdasarkan Keputusan Bupati Serang Nomor:813/Kep.162-Huk.BKPSDM/2020 tentang pengangkatan calon pegawai negeri sipil menjadi pegawai negeri sipil dari formasi umum dan khusus tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang.

Kemudian berdasarkan keputusan Bupati Serang Nomor:813/Kep.364-Huk.BKPSDM/2020 tentang pengangkatan calon pegawai negeri sipil menjadi pegawai negeri sipil dari formasi pegawai tidak tetap Kementrian Kesehatan tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang.

Prosesi pengambilan sumpah PNS dan penyerahan surat keputusan pengangkatan CPNS menjadi PNS kali ini berbeda dengan sebelumnya. Sebelumnya akan dilaksanakan dengan menghadirkan peserta secara langsung di tempat yang formal, belum bisa dilakukan karena situasi pandemi covid-19 yang masih mengkhawatirkan, sehingga dilakukan secara virtual melalui teleconference dengan memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19).

Dari 398 orang PNS yang diambil sumpah, hanya sebanyak 3 orang saja perwakilan simbolis yang hadir secara fisik di pendopo Bupati Serang, dengan memakai masker serta menjaga physical distancing, dan 395 orang PNS lainnya diambil sumpahnya secara virtual melalui video conference di 95 titik partisipan, sesuai pembagian titik berdasarkan domisili kantor kerja masing-masing, dimana maksimal 6 (enam) orang dalam satu tempat dengan memperhatikan aturan phisycal distancing.

“Pembagian lokasi partisipan ini diharapkan tidak mengubah khidmatnya pengambilan sumpah dalam pengabdian kepada masyarakat  dan negara,”ujar Tatu dalam sambutannya.

Secara rinci Tatu mengatakan, pengambilan sumpah PNS sebanyak 398 orang, terdiri dari formasi umum dan honorer tahun 2018 sebanyak 369 orang, diantaranya PNS golongan II sebanyak 47 orang, dan PNS golongan III sebanyak 322 orang, formasi bidan PTT Kementerian Kesehatan tahun 2019, sebanyak 19 orang PNS golongan II. Kemudian lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 10 orang PNS golongan III.

“Selamat kepada semua PNS karena telah melewati masa percobaan sebagai calon pegawai negeri sipil, sehingga bisa diangkat sebagai pegawai negeri sipil secara penuh,”ungkapnya.

“Mereka semua sudha resmi maka harus menjalani tugas dengan penuh tanggung jawab sebagai PNS. Dan mereka (PNS) juga harus siap menerima konsekuensi sesuai SOP PNS,”tegas Tatu.

Hadir pada pengambilan sumpah tersebut Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda), Tubagus Entus Mahmud Sachiri, Inspektur, Rahmat Jaya, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Mohamad Ishak Abdul Raup.

Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Mohamad Ishak Abdul Raup mengatakan, dari 398 CPNS diangkat menjadi PNS berdasarkan penilaian yang dilakukan BKPSDM. “Atas dasar kinerja yang bagus sehingga kita tingkatkan menjadi PNS. Dari berbagai formasi CPNS diangkat menjadi PNS masih lengkap dari sebelumnya tidak adanya pengurangan,”ujarnya.(*)

Top