Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT CATARACT, UNSPECIFIED PADA RAWAT JALAN DR DRAJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 14:39:00 WIB  |  0 comments

Katarak merupakan suatu gangguan pada penglihatan karena lensa mata yang keruh sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak dapat diterima oleh retina dengan sempurna. Katarak dapat menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram atau bahkan kebutaan. Katarak biasanya tumbuh secara perlahan dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pada tahap awal kondisi ini hanya akan mempengaruhi sebagian kecil bagian dari lensa mata anda dan mungkin saja tidak akan mempengaruhi pandangan anda. Saat katarak tumbuh lebih besar maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan mengganggu masuknya cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata anda akan kabur dan mengalami distorsi.

Mencegah Katarak Tanpa Operasi  adalah  ;

v  Kunyit dan jahe mengandung zat antioksidan yang kuat serta anti peradangan yang dapat menekan gejala mata katarak lebih parah.

v  Jangan sering memakan makanan cepat saji, gula dan kadar zat sodium yang tinggi. Sebaiknya biasakan menkonsumsi makanan yang mengandung zat magnesium seperti kerang-kerangan, biji-bijian, telur dan sayuran berwarna hijau. Keutamaan zat magnesium pada mata dapat meningkatkan kesehatan darah dan fungsi otot.

v  Selalu mengkonsumsi bayam atau rumput laut, ini baik dalam menjaga kesehatan mata serta memperlancar peredaran darah pada mata.

v   Biasakan minum teh hijau rutin setiap pagi karena serat pada teh hijau dapat berfungsi sebagai zat antioksidan juga dapat meningkatkan fungsi otot pada mata.

v  Sesekali konsumsi ekstrak bilberry yang dapat mengatasi gejala penyakit katarak karena pada kandungan bilberry terdapat senyawa kuat flavonoid , tanin dan anthocyanidins yang mana berguna dalam melawan infeksi, memperlancar peredaran darah pada mata, menguatkan otot mata serta membantu lensa mata agar dapat mudah beradaptasi terhadap perubahan cahaya yang tiba-tiba.

Minum jus wortel sehabis makan siang sangat baik dalam pencegahan yang semakin parah. Kandungan jus wortel yaitu beta karoten dapat dengan mudah memproduksi vitamin A agar mata sehat.

Tags:  Berita |419|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar