Image
By Administrator

LAPORAN PENANGANAN PENYAKIT UNSPECIFIED INJURY OF HEAD PADA RUANG RAWAT INAP DR DRAJAT PRAWIRANEGARA

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:58:50 WIB  |  0 comments

Cedera kepala yang berdampak kepada fungsi otak. Selain karena benturan dan guncangan pada kepala, gegar otak umumnya terjadi karena guncangan keras pada tubuh bagian atas. Otak terlindungi dari guncangan oleh cairan otak dalam tengkorak. Oleh karenanya guncangan dan benturan keras pada kepala atau tubuh bagian atas dapat membuat otak ikut terguncang membentur dinding kepala bagian dalam. Kondisi ini dapat bersifat ringan, tapi juga bisa berisiko fatal jika sampai mengakibatkan pendarahan di dalam atau di sekitar otak.

kepala merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan aset kehidupan yang sangat penting, yaitu otak dan sistem saraf pusat lain. 

Benturan pada kepala dari cukup ringan hingga lebih berat potensial menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Cedera kepala adalah penyebab kematian utama dari kecelakaan lalu lintas, khususnya kecelakaan pengendara motor yang tidak memakai helm.

Pada kecelakaan lalu lintas atau trauma fisik lainnya, benturan yang relatif keras pada kepala dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti retak dan patah tulang tengkorak, pendarahan dalam tengkorak, dan tidak jarang berbuntut pada koma serta efek benturan kepala yang lebih ringan yang dapat menimbulkan benjol 

Tanda-tanda dari cedera otak :

v  Kebingungan

v  Depresi

v  Pusing atau masalah keseimbangan tubuh

v  Pandangan ganda atau kabur

v  Merasa berkabut atau pening

v  Merasa lesu atau lelah

v  Sakit kepala

v  Hilang ingatan

v  Mual

v  Sensitif terhadap cahaya atau suara

v  Gangguan tidur

v  Kesulitan berkonsentrasi

v  Kesulitan mengingat

 

Tags:  Berita |439|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar