Image
By Administrator

MENGAPA MENGGUNAKAN FOLIAR FERTILIZER

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:17:53 WIB  |  0 comments

Dr. Ir. Robi Ramli, Amsc. (Alumni Ohio State University & Guangzhou University)

Mengapa kita harus menggunakan pola pemupukan melalui daun ...?

Beberapa alasan pemakaian pola pemupukan melalui daun:

  • Menghindari penimbunan sisa pemupukan tabur/padat.
  • Pengoptimalan penyerapan nutrisi oleh tanaman.
  • Penghematan biaya.
  • Mengoptimalkan petani ke lahan serta pengamatan PHT pada tanaman.

 

1. MENGHINDARI PENIMBUNAN SISA PEMUPUKAN PADAT

Dari setiap aplikasi /musim tanam tentu akan meninggalkan residu nutrisi yang mana akan menjadi penyebab berubahnya sifat tanah dan tingkat keasaman Tanah. Hal ini jarang menjadi perhatian dari petani (atau kurang nya informasi) sehingga disetiap kali melakukan budi daya selalu akan menurun hasilnya, dan ini tidak pernah terfikirkan oleh petani bahkan dimusim depan akan menggunakan pupuk tabur lebih banyak lagi sehingga dari tahun ke tahun penimbunan yang dilakukan oleh sipetani tanpa disadari nya telah merubah sifat tanah mereka sendiri dimana saat tercapai nya kejenuhan tanah maka residu tadi akan berubah sifatnya menjadi satu ikatan senyawa kimia (catclay) yang akan menjadi bumerang bagi tanam yang tumbuh ditanah tersebut mati karena keracunan .

Maka biaya yang akan dikeluarkan oleh sipetani untuk mengembalikan kesuburan/sifat tanah menjadi baik membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit terutama waktu yang terbuang tidak dapat digantikan lagi. Maka sebaik nya dimulai dari sekarang pemupukan melalui daun akan jauh lebih menguntungkan dari segi kelestarian lahan serta biaya .

2. PENGOPTIMALAN PENYERAPAN NUTRISI OLEH TANAMAN

Penyerapan nutrisi oleh tanaman melalui akar hanya mampu menyerap ± 40% saja, sedangkan penyerapan melalui daun akan jauh lebih optimal karena daun mampu menyerap nutrisi secara langsung dan mendistribusikan pada seluruh jaringan tumbuh mencapai ± 80% (dikarenakan langsung dilakukan pada saat fotosintesis).

Hal ini lah yang akan memberikan nilai lebih pada pola pemupukan melalui daun. Nilai tambah yang paling tinggi adalah tidak lagi mencemari tanah dengan residu pupuk tabur ,sehingga kedepan biaya pemupukan akan dapat diperkecil serta ada kesempatan (pararel) dengan pembenahan tanah sekaligus pada saat menanam .

3. PENGHEMATAN BIAYA

Biaya akan jauh lebih hemat jika dibandingkan pemakaian pupuk tabur (dilihat dari dampak). Sedangkan untuk melakukan sebuah pekerjaan reklamasi lahan sangatlah mahal dan tidak sebanding dengan hasil jual panenan semusim ,serta waktu yang dibuang yang tak kan tergantikan oleh uang .

Jika petani melakukan pola pemupukan melalui daun akan banyak mendapatkan keuntungan disaat melakukan budidaya tanaman disamping itu (pararel)mereka dapat melakukan reklamasi lahan dengan pola mengangsur sehingga tidak terlalu memberatkan pembiayaan.

 

Dengan pola pemupukan berimbang maka petani akan tetap menikmati hasil panen yang lebih baik diatas rata rata lahan mereka akan berangsur membaik lagi, jadi tidak akan terjadi kesenjangan penghasilan (tidak ada waktu yang terbuang) .

4. MENGOPTIMALKAN PETANI KELAHAN :

Petani dengan sendiri nya akan lebih sering kelahan karena pemberian nutrisi melalui daun akan membutuhkan waktu berkala dalam aplikasi nya sehingga petani tanpa disadari sudah akan lebih sering kelahan sehingga pengamatan tanaman nya jauh lebih maksimal .

Pendeteksian terhadap serangan OPT dapat dilakukan sedini mungkin , dan penangan nya pun akan jauh lebih maksimal, pemakaian pestisida pun terkendali dengan baik, sehingga hasil produksi pun akan meningkat karena tanaman nya cukup sehat .

Jika dalam satu budidaya penggunaan pestisida nya berlebihan (dikarenakan pengamatan yang kurang intens) akan membawa dampak menurunyan hasil panen serta menambah biaya yang cukup tinggi, hal yang seperti ini lah yang sering menjadi jebakan petani dalam kerugian saat bertani nya .

Maka dengan pola pemupukan melalui daun diharapkan petani akan lebih jeli dan mempunyai kesempatan panen dengan hasil yang jauh lebih baik dari segi kuantitas mau pun dari segi kualitasnya .

Selama ini petani yang sangat kurang informasi pola budidaya sering terjebak dengan prilakunya sendiri, maka kami ingin bersumbangsih sedikit mengenai suatu pola pemupukan foliar fertilizer agar menjadikan solusi kedepan bagi para saudara tani saya .

Untuk melakukan pembenahan tanah mengunakan kompos sangatlah dianjurkan terutama lahan sawah,mungkin sipetani tanpa sadar bahwa lahan mereka sudah tergerus erosi .

Hal ini terjadi disaat mengairi sawah dan membuang air nya sehingga top soil nya semakin tahun semakin tipis sehingga yang mereka pakai sebagai media tanam adalah midle/sub soil .

Tags:  Berita |239|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar