Image
By Administrator

KABUPATEN SERANG MENUJU INDUSTRI BERAS MODERN (1)

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 11:12:59 WIB  |  0 comments

PT Mercu Buana Rice Mills

Pada awal Mei, Kadis DPKPP Ir. H. Dadang Hermawan, Kabid Pertanian Ir. Puji Astuti,MM dan Tim Tanaman Pangan mengajak 7 orang pemilik penggilingan padi ke Pabrik Beras PT Mercu Buana Rice Mill (anak perusahaan grup Probosutedjo) di Sumedang Jawa Barat bersama dengan Pembina Komunitas Petani Mandiri, Dr.Ir. Robi Romli dan Istri.

Dalam kunjungan ini, tim diterima langsung oleh Direktur MBRM Supratman dan anak beliau, Bisma. Termasuk hadir pula dalam acara ini Burhanudin, Sekjen Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia).

 Dalam diskusi dengan pak Supratman, pelaku usaha penggilingan padi dari Kabupaten Serang diwakili oleh H. Hamid dan H. Hariri dari Pontang, H. Anis Fuad, H. Safiudin, dan Kodiman dari Kramatwatu, Asep dari Cikande, dan Junaidi dari Tanara mencoba menggali permasalahan utama yang dihadapi oleh pabrik dengan kapasitas produksi beras kurang lebih 200 ton per hari.

PT MBRM menerapkan pemasaran multi chanelling karena selain menggarap pasar bulog juga menjadi pemasok restoran dan supermarket. Dan yang menjadi kendala utama adalah kontuinitas dan mutu bahan baku gabah. Sementara PT MBRM tidak bergerak di on-farm sehingga bahan baku tidak bisa dikendalikan akibatnya dalam upaya memenuhi market yang ada, PT MBRM me-mix bahan baku sehingga diperoleh komposisi yang sesuai dengan standar konsumen. Ini merupakan kelebihan PT MBRM yang setiap akan memasarkan produknya selalu membuat campuran / mix baru beras dari beberapa varietas dengan berbagai standar mutu. Pabrik yang juga memproduksi beras premium, beras organik dan beras merah ini juga mengolah limbah dedak sebagai bahan baku pakan ternak.

Setelah itu tim juga diajak mengunjungi pabrik PT MBRM. Pabrik dengan teknologi tinggi ini tentunya butuh waktu 1 dasawarsa bagi pelaku penggilingan padi Kabupaten Serang untuk menyamai. Tapi ada hal lain yang penting yang bisa dipelajari selain teknologi tinggi yang dipakai yaitu sistem pengelolaan pabrik mulai dari suplai bahan baku hingga pemasaran produk. Pada titik inilah pelaku penggilingan padi Kabupaten Serang ini belajar.

Dari sisi bisnis, pelaku penggilingan padi yang memiliki petani binaan diharapkan dapat menjadi supplier gabah bagi PT Mercu Buana Rice Mill.

Tags:  Berita |751|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar