Image
By Administrator

Pemkab Serang Raih Penghargaan Sanitasi Dari Pemerintah Australia

Selasa, 03 Januari 2017; |  Jam 10:55:26 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang berhasil menunjukkan keseriusannya dalam melaksanakan pembangunan sanitasi di Kabupaten Serang. Pemkab berhasil membangun sarana sanitasi untuk 2.560 sambungan langsung ke rumah melalui program bantuan hibah  Infrastruktur Australia Untuk Sanitasi (Australia-Indonesia Infrastruktur Grants For Sanitation – sAIIG). Dari  43 Kota/Kabupaten se-Indonesia, Kabupaten Serang merupakan daerah pertama yang berhasil merealisasikan pencairan hibah tersebut.

Dalam acara serah terima secara simbolis bantuan hibah sanitasi program sAIIG tahap pertama senilai Rp. 1.112.000.000 di Hotel Ratu Bidakara tanggal 11 Agustus 2016 lalu, Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak diangkat sebagai ibu sanitasi Kabupaten Serang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Steven Barraclough sebagai Minister Counsellor For Economic, Infrastructure and Governance Kementrian Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT), Dr.Ahmad Yani Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Keuangan Kemnetrian Keuangan, Ir Dodi Krispratmadi Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bupati Serang mengatakan bahwa hibah yang akan didapat dari Pemerintah Australia melalui Kementrian PU senilai Rp.10.320.000.000,-. Namun kata dia, pemberian hibah itu diberikan secara bertahap dengan mekanisme berbasis hasil (output based) dengan investasi awal dari pemerintah daerah untuk pembangunan sarana sanitasi melalui APBD.

“ Setelah semua pembangunan selesai dan dilakukan verifikasi, Pemda berhak mendapatkan penggantian dana dari Kementrian Keuangan sesuai dengan skema hibah tersebut, “ ujarnya.

Ia menuturkan, bahwa pada saat ini dalam program tersebut, Pemerintah Kab. Serang tengah menyelesaikan target 2.580 sambungan. Dari target tersebut, sebanyak 650 sambungan telah dilaksanakan, 563 sambungan telah diperiksa dan 278 diantaranya telah melalui proses verifikasi untuk untuk pembayaran hibah. “ Kita bertahap terus dan dischedule pada bulan Juni 2017 nanti , Insya Allah kita akan menyelesaikan semuanya sehingga hibah sebesar Rp. 10.320.000.000 bisa terserap semuanya, “ ujarnya.

Adapun dalam program hibah ini, sejumlah kecamatan yang mendapatkan bantuan adalah Kecamatan Baros, Padarincang, Ciruas, Kragilan, Kibin dan Cikande. Dimana daerah ini merupakan wilayah yang padat penduduknya dan kebutuhan pembangunan sanitasinya pun sangat perlu untuk diadakan.

“ Target nasional kan 2019, untuk mencapai target sanitasi yang kita inginkan, program-program telah dibuat oleh Dinas Tata Ruang Bangunan dan Perumahan (DTRBP). Jadi mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan target pembangunan tersebut, “ ujarnya.

Bupati juga sangat mengapresiasi atas penetapan dirinya sebagai duta sanitasi. Karena menurutnya hal ini menjadi tantangan untuk menyelesaikan sanitasi semaksimal mungkin. Namun target ini dapat terealisasi, tentunya masyarakat secara swadaya harus terlibat secara aktif didalam program ini sehingga capaian target akan lebih cepat terlaksana, kata  Bupati dalam sambutannya.

“ Harapan dari masyarakat boleh disebut tantangan buat saya, tapi tentunya Pemkab Serang berharap masyarakat terlibat, karena semuanya jika mengharapkan dari pemerintah, pasti kami memiliki keterbatasan, “ ujar Tatu.       

Minister Counsellor For Economic Infrastructure And Governance Kementrian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT)  Steven Barraclough mengatakan bahwa untuk melaksanakan pengelolaan limbah di Indonesia, semua pihak harus turun tangan yang meliputi pemerintah daerah, pusat dan mitra dari pihak Pemerintah Australia. Adapun sistemnya pemerintah daerah harus lebih aktif bergerak melaksanakan program ini.

“ Disini yaitu di Kabupaten Serang, Bupati dan timnya sudah aktif bergerak, kalau sudah bergerak, sudah didanai dan sudah dikelola dengan baik selanjutnya Pemerintah Pusat dan Australia ikut beserta dengan dana hibah seperti ini, kita kasih hadiah ke Ibu Bupati, karena kota ini (Kab.Serang) paling maju pada program ini, “ ujarnya.

Tags:  Berita |452|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar