Image
By agus

Koordinasi Triwulan IV TPID Kabupaten Serang

Senin, 02 Desember 2019; |  Jam 11:30:28 WIB  |  0 comments

Koordinasi tim pengendalian inflasi daerah yang dihadiri oleh Asda 2 dan OPD terkait Kabupaten Serang. Pertemuan dilaksanakan pada November 2019. Hadir OPD Kabupaten Serang yang terkait dengan pengendalaian inflasi daerah diantaranya BPS, BI Perwakilan Banten, Dinas Koperindag, DPUPR, DKPP, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Bulog Sub Divre Serang dan Tim Sekretariat TPID.

Pertemuan dibuka oleh Asda 2 yang menjelaskan terkait upaya Tim Koordinasi untuk memastikan bagaimana situasi dan kondisi stok produksi, distribusi dan konsumsi. Dan Bapak menambahkan juga terkait sisi konsumen akan kebutuhan masyarakat berupa sembako agar tidak terganggu.

Pada pertemuan ini dilakukan paparan dari BPS Kabupaten Serang dan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten. Paparan dari BPS menyampaikan tugas tim pengendali inflasi selain melakukan pengumpulan data dan informasi terkait perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan jasa pada tingkat kabupaten/kota.

Paparan dari BI Perwakilan Banten dengan tema perkembangan nasional dan Banten memaparkan tekanan inflasi pada Bulan Oktober. Inflasi Nasional pada angka 3,2 menurun dibandingkan triwulan sebelumnya. Berdasarkan kelompok komoditasnya tekanan inflasi Oktober disebabkan adanya peningkatan tekanan inflasi kelompok bahan makanan.

Salah satu anggota TPID yaitu Bulog telah menyalurkan raskin di Kabupaten Serang dengan stok beras sebanyak 6.823 ton dan telah dibagikan setiap bulannya sebanyak 700 ton untuk masyarakat tidak mampu dan harga beras pada saat ini masih stabil