Image
By agus

Sosialisasi Perbup tentang Kabupaten Layak Anak

Senin, 04 November 2019; |  Jam 14:32:23 WIB  |  0 comments

SERANG –Pemerintah Kabupaten Serang meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak Pratama pada tahun 2019 ini, untuk dapat meningkatkan ke  Tingkat Madya pada tahun depan, Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (Dkbpppa) dan OPD di Kabupaten Serang telah memulai langkah dengan membuat Peraturan Bupati Serang tentang Kabupaten Layak Anak. Sosialisasi Perbup tersebut dilaksanakan pada Senin, 4 November 2019 bertempat di Aula Syam’un.

Hadir dalam sosialisasi ini OPD yang menjadi tim gugus tugas KLA Kabupaten Serang. Tim tersebut terdiri dari OPD di Kabupeten Serang, P2TP2A, Forum Anak, Serang Gawe Fm dan lainnya.

Dalam sambutan pembukaannya Sekeretaris Daerah Kabupaten Serang menyatakan perlunya melibatkan anak dalam upaya pembangunan di Kabupaten Serang, karena anak adalah investasi dan penerus bangsa. Program dan kegiatan pembangunan tahun mendatang perlu disinergikan agar kegiatan yang melibatkan anak tidak hanya di Dkbpppa Kabupaten Serang.  Perbup ini diperlukan dalam rangka melaksanakan amanat Perda Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Kadis Dkbpppa  dalam mensosialisasikan Peraturan Bupati Serang tentang Kabupaten Layak anak menjelaskan salah satu tujuan KLA adalah meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa, Masyarakat dan Dunia Usaha dalam mewujudkan pembangunan yang peduli terhadap anak serta memenuhi hak-hak anak sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan terbaik bagi anak.

Peraturan Bupati ini merupakan kebijakan daerah yang berpedoman pada Peraturan Menteri Negara PPPA No. 13 Tahun 2011, Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

Ruang lingkup KLA sesuai dengan Konvensi Hak Anak, ada lima kluster hak anak yang dijabarkan dalam indikator dan ukuran KLA yaitu: 1) Hak Sipil dan Kebebasan; 2) Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif; 3) Disabilitas, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan; 4) Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya; 5) Perlindungan Khusus.