Image
By media

Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tahun 2019

Kamis, 26 September 2019; |  Jam 09:39:07 WIB  |  0 comments

Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tahun 2019, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, secara simbolis berikan bantuan atau santunan program jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris masing-masing mendapatkan sebesar 24 juta , Penyerahan tersebut dilaksanakan di Lapangan Pasir Sempur, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Kamis (29/8/2019).

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten Eko mengatakan, dirinya berterimakasih atas dukungan selama ini dilakukan oleh Bupati Serang dan Pemerintah Kabupaten Serang terkait dengan program jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya lihat wilayah di Kabupaten Serang ini sangat luas sekali, bahwa saat ini kami terus lakukan sosialisasi terkait dengan jaminan sosial di Pulau Tunda, Kabupaten Serang dan pagi ini dengan tim dari BPJS Ketenagakerjaan menilai sangat luar biasa antusias warga di Pamarayan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan memilih Desa Sangiang untuk dijadikan Desa Sadar Jaminan Sosial karena hampir semua masyarakat sudah mengikuti atau menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Mungkin saya rasa ini sangat tepat kita memilih Desa Sangiang karena masyarakat pentingnya dengan Jaminan Sosial sendiri, saat ini juga tugas kami sangat berbeda dengan Jamsostek sama BPJS Ketenagakerjaan, jadi tugas kami adalah apa yang ditugaskan oleh Pemerintah memberikan Jaminan ke seluruh tenagakerja mau Formal atau Non Formal sehingga kami harus lakukan kaloborasi pembangun kerjasama, kami juga berharap masyarakat disini menjadi brand dari program kami,” katanya.

Lanjutnya, saat ini BPJS Ketenagakerjaan juga memfokuskan programnya di perdesaan seperti di Kabupaten Serang.

“Kami juga melihat potensi yang ada di desa seperti Produksi Rumahan dan lain-lain kedepannya sangat baik, sehingga kami sudah sewajarnya untuk hadir di Masyarakat, jadi kami fokus bukan hanya di Industri Perkotaan saja tetapi kami akan terus fokus Industri yang ada di perdesaan,” ucapnya.

Sedangkan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menambahkan, Masyarakat di Kabupaten Serang harus sadar dengan jaminan sosial, Program dari BPJS Ketenagakerjaan tentunya sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“BPJS Ketegakerjaan ini juga bukan hanya untuk tenaga kerja formal saja tapi non formal juga bisa mengikuti atau diback up BPJS Ketenagakerjaan, program ini menurut saya sangat baik jadi ini bisa dijadikan contoh untuk Desa dan Kecamatan lain,” tuturnya.

Dari kegiatan tersebut juga, Tatu memberikan apresiasi atas kepedulian BPJS Ketenagakerjaan soal program jaminan sosial, di Desa Sangiang sendiri sudah hampir semua masyarakat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“tentunya dari kegiatan ini berarti masyarakat sudah sadar dengan jaminan sosial, untuk yang mengikuti BPJS Ketenagakerjaan di Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan sudah 647 orang, kalau melihat dari penduduk mencapai kurang lebih 3.000 penduduk sedangkan jumlah angkatan kerja sebanyak kurang lebih 2.484,” katanya.

Tatu juga merintahkan kepada seluruh Desa dan Kecamatan di Kabupaten Serang harus meniru atau perintahkan masyarakat untuk sadar dengan jaminan sosial.

“Kami ingin Kepala Desa dan Kepala Kecamatan lakukan sosialisasi terkait Jamainan Sosial, masyarakat juga memang wajib untuk mengikuti Program jaminan, seperti Jamianan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan, Jaminan Kematian hingga Jaminan Hari Tua, jika masyarakat mengikuti itu semua berarti masyarakat Kabupaten Serang sangat luar biasa dan saya memberikan apresiasi, kita harus belajar menertibkan diri sendiri,” Pungkansya. (*)