Image
By agus

60 Pengurus Koperasi Dilatih Akuntansi Berbasis Komputer

Rabu, 24 Juli 2019; |  Jam 08:08:20 WIB  |  0 comments

SERANG,-Sebanyak 60 pengurus dan pengelola koperasi di Kabupaten Serang diberikan pelatihan akuntansi berbasis komputerisasi oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, Senin (1/7/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Nuansa Bali Kecamatan Anyer tersebut berlangsung selama tiga hari.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, ada 60 peserta yang diberikan pelatihan dalam kegiatan tersebut. Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan juga keterampilan bagi pengelola dan pengurus koperasi di wilayahnya.

Adapun sejumlah materi yang disampaikan oleh narasumber pada 60 peserta tersebut yakni tentang masalah dasar akuntansi KSP/USP, praktik akuntansi, praktik komputeriisasi akuntansi KSP/USP dan kemampuan lainnya.

Sistem akuntansi berbasis komputerisasi adalah sistem yang menggunakan teknologi komputer dalam rangka mengelola data atau transaksi perusahaan. Sehingga menjadi suatu informasi yang tepat, akurat dan relevan dalam pengambilan keputusan.

Pemroresan data secara manual sudah tidak relevan lagi bagi perusahaan yang memiliki tingkat volume transaksi tinggi dan rumit. Pencatatan secara manual suadah tidak mampu melakukan back up kesalahan kesalahan atau penyimpangan yang sering terjadi dalam perusahaan. Akibatnya informasi yang dihasilkan tidak akurat lagi dalam pengambilan keputusan.

Dalam era modern ini, komputer menjadi pilihan utama perusahaan dalam menangani kerumitan data atau transaksi. Walau pun komputer hanya memanipulasi bit atu digit tapi kemampuan sistem informasi semakin meningkat. Oleh karena itu, keberadaan SDM pun harus ditingkatkan agar bisa bersaing dalam era modern ini.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah SE, M.Ak mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan oleh diskoperindag dalam membina pelaku koperasi. Sebab dengan pelatihan ini SDM koperasi akan terus tumbuh dan berkembang.

Tatu mengingatkan keberadaan koperasi sangatlah penting untuk mendukung terciptanya ekonomi kerakyatan. Dengan demikian akan mempengaruhi tumbuh berkembangnya perekenomian masyarakat Kabupaten Serang. Dirinya berharap, dengan terbinanya koperasi yang mapan, daya beli masyarakat pun akan terus meningkat dan berakhir pada peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). (*)