Image
By agus

Camat Bandung Lantik Penjabat Kades Panamping

Selasa, 16 Juli 2019; |  Jam 15:16:28 WIB  |  0 comments

SERANG,-Camat Bandung Drs Subur Prianto, M.Si melakukan pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan penjabat Kepala Desa Panamping Sukmara, Jumat (04/8/2019). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Bandung-Pamarayan AKP Asroji, Danramil Bandung-Pamarayan Kapten Inf Ariyadi, Tokoh MUI Kecamatan Bandung Ustadz H. Alfaya dan masyarakat Panamping.

Pelantikan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk membuat roda pemerintahan di Desa Panamping tetap berjalan dengan baik. Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh 70 orang warga sekitar dan berjalan dengan lancar.

Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Heni Suhaeri mengatakan, pengangkatan penjabat kepala desa diatur dalam Perda nomor 1 tahun 2015. Sesuai aturan tersebut, penjabat kepala desa diangkat oleh Bupati Serang.

Namun kemudian, dalam pelaksanaannya, Bupati melimpahkan kewenangan mengangkat penjabat tersebut kepada camat sesuai dengan peraturan bupati nomor 10 tahun 2016. Pengangkatan tersebut dilakukan sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah SE, M.Ak mengapresiasi lancarnya kegiatan tersebut. Sebab bagaimana pun keberadaan kepala desa atau penjabat adalah hal yang penting.

Penjabat menggantikan peran kepala desa untuk menjalankan roda pemerintahan. Selain itu dengan adanya penjabat kepala desa, maka akses pelayanan kepada masyarakat bisa terus berjalan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengingatkan agar penjabat kepala desa yang baru dilantik bisa menjaga masyarakatnya agar tetap dalam kondisi harmonis. Kemudian juga melaksanakan semua tugas pokok dan fungsinya sesuai ketentuan. (*)