Image
By agus

Relawan PMI Ikuti Pelatihan Fasilitator Pembinaan PMR

Senin, 15 Juli 2019; |  Jam 08:12:29 WIB  |  0 comments

SERANG,-Relawan Palang Merah (PMI) Kabupaten Serang mengikuti pelatihan fasilitator pembinanaan Palang Merah Remaja (PMR), bertempat di ruang pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) PMI Provinsi Banten, pada tanggal 17 sampai 21 Juni 2019. Kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh PMI Provinsi Banten ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembinanaan PMR.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 31 orang peserta perwakilan dari relawan PMI kabupaten/kota se Provinsi Banten. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris PMI Proovinsi Banten Jaenudin SH, M. Si mewakiliKetua PMI Banten Hj. Ratu Tatu Chasanah tersebut berjalan dengan lancar.

PMR merupakan suatu organisasi binaan dari palang merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah atau pun kelompok-kelompok masyarakt (sanggar, kelompok belajar dan lain-lain). Tujuannya untuk membangun dan mengembangkan karakter kepalang merahan agar siap menjadi relawan PMI pada masa depan.

Keberadaan PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana. Selain itu juga memprioritaskan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Kebijakan PMI dan federasi tentang pembinaan remaja yakni pertama remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalang merahan. Kedua, remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalang merahan.

Ketiga, remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI. Keempat, remaja adalah kader relawan dan ke enam remaja adalah calon pemimpin PMI pada masa depan.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terus mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan positif yang ada di wilayahnya. Keberadaan PMI sendiri adalah ujung tombak yang siap membantu dalam hal penanganan kebencanaan. Sedangkan keberadaan PMR menjadi bibit baru untuk menciptakan generasi yang memiliki rasa kemanusiaan.

Dengan adanya kegiatan pembinaan PMR ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan bisa memberi semangat dalam pengembangan PMR. Keberadaan PMR tersebut harus tetap dijaga dan dipersiapkan untuk masa depan cemerlang. (*)