Image
By munji

Pemkab Serang Sambut Lebaran dengan Lomba Bedug

Senin, 4 Juni 2019; |  Jam 05:52:18 WIB  |  0 comments

Berbagai cara dilakukan untuk menunjukkan kebahagiaan dalam menyambut Idul Fitri atau Lebaran. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dengan menggelar Lomba Takbir dan Ngadulag/Nabuh Bedug di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (4/6/2019).

Kegiatan yang rutin setiap tahun tersebut diikuti oleh perwakilan dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang. "Kami undang perwakilan dari seluruh kecamatan, tetapi yang registrasi mendaftar hanya 26 kecamatan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang selaku penyelenggara.

Turut hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Dandim 0602/Serang Letkol Inf Erwin Agung TWA, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi, dan Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin.

Menurut Asep, gema takbir selalu berkumandang dalam menyambut Idul Fitri, yang dilakukan warga hingga di pelosok. "Selain gema takbir, suara bedug juga bersahut dari setiap masjid. Sebagai pelestarian budaya tersebut, kami menggelar lomba ini," ujarnya.

Bupati Ratu Tatu Chasanah menilai, lomba ini sebagai ajang silaturahmi dan syiar agama Islam dalam menyambut Idul Fitri. "Setelah satu bulan kita menjalankan Ibadah puasa Ramadan. Kita sambut kemenangan, menggemakan takbir dan tabuhan bedug," kata Tatu.

Menurutnya, lomba ini syarat akan nilai-nilai dakwah, mengagungkan nama Allah SWT, memuji Rasolullah SAW. "Kita sambut Idul Fitri dengan gembira, meneguhkan persatuan, dan meningkatkan tekad untuk semakin baik membangun daerah. Dan, semoga kita bisa bertemu kembali dengan Ramadan tahun depan," ujarnya.(*)