Image
By agus

Konsleting Listrik Berhasil Dipadamkan

Jumat, 13 Mei 2019; |  Jam 10:25:25 WIB  |  0 comments

Sabtu, 11 Mei 2019 Bidang Damkar BPBD Kab. Serang melakukan penanganan Kebakaran Rumah yang diakibatkan oleh Konsleting Listrik yang berlokasi di Kp. Sambi Desa. Grogol indah Kec. Anyer

Diterima laporan via telepon dari nomor (0254) 200135 dari bapak Rivaldi Bahwa telah terjadi kebakaran rumah di Kec. Anyer. Di duga api berasal dari Konsleting Listrik ( Arus Pendek Listrik ) dampak kejadian satu unit rumah hangus terbakar beruntung tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai 50 juta Rupiah.

Damkar adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainnya. Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, juga dilatih untuk menyelamatkan korban-korban bencana seperti kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, banjir, gempa bumi, dan lain lain. Di lain hal mereka juga di tugaskan untuk melakukan tugas tugas  penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran seperti mengevakuasi sarang tawon, menyelamatkan korban bunuh diri, menyelamatkan orang atau hewan yang terjebak, menanggulangi pohon tumbang, dan lain lain. Pemadam kebakaran juga terkadang ditugaskan untuk memberi sosialisai dan pendidikan kepada rakyat sipil tentang kebakaran dan cara menanggapinya.

Bahwa ancaman bahaya kebakaran merupakan suatu bahaya yang dapat membawa bencana dengan akibat yang luas, baik terhadap keselamatan jiwa maupun harta benda yang secara langsung akan menghambat kelancaran pembangunan.

Bahwa kegiatan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran bukan hanya merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah, tetapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat pada umumnya, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam menangani pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

1 unit mobil Armada Waterpump dikerahkan guna memadamkan api, para petugas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar berjibaku memadamkan api sekitar pukul 15.50 WIB api berhasil dipadamkan.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah Pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi tindakan sikap dari pemadam kebakaran Kabupaten Serang dalam memadamkan kebakaran yang terjadi sehingga kebakaran yang terjadi tidak meluas ke tempat sekitarnya dan berharap agar masyarakat selalu waspada untuk menjaga agar kejadian seperti ini tidak terjadi di tempat lain.