Image
By agus

Tim Reaksi Cepat ke Pontang

Jumat, 14 Mei 2019; |  Jam 10:13:15 WIB  |  0 comments

Sabtu 11 Mei 2019, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melakukan Assessment  Terkait rumah roboh akibat Cuaca Extrim di Desa Domas, Kecamatan Pontang.

Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang bertugas untuk melaksanakan kegiatan kaji cepat bencana dan dampak bencana pada saat tanggap darurat meliputi penilaian kebutuhan (Needs Assessment), penilaian kerusakan dan kerugian (Damage and Loses Assessment) serta memberikan dukungan pendampingan) dalam penanganan darurat bencana.

Penilaian kebutuhan (Needs Assessment) adalah serangkaian kegiatan untuk menentukan jumlah dan jenis bantuan yang diperlukan dalam upaya penyelamatan korban bencana meliputi SAR, bantuan medis, penyediaan pangan, penyiapan penampungan sementara, penyediaan air bersih dan sanitasi.

Penilaian kerusakan dan kerugian (Damage and Loses Assessment) adalah serangkaian kegiatan untuk pengumpulan data primer dan sekunder tentang jenis, waktu, lokasi dan penyebab bencana serta kondisi mutakhir (korban, kerusakan dan kerugian serta dampak bencana).

Tim Reaksi Cepat (TRC) mempunyai tugas pengkajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana dalam waktu tertentu dalam rangka mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta kemampuan sumber daya alam maupun buatan serta saran yang tepat dalam upaya penanganan bencana.

Pemerintah Kabupaten Serang menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Serang untuk selalu waspada terhadap cuaca extrim yang sedang terjadi.

Cuaca ekstrim adalah fenomena meteorologi yang ekstrim dalam sejarah (distribusi), khususnya fenomena cuaca yang mempunyai potensi menimbulkan bencana, menghancurkan tatanan kehidupan sosial, atau yang menimbulkan korban jiwa manusia. Pada umumnya cuaca ekstrim didasarkan pada distribusi klimatologi, dimana kejadian ekstrim lebih kecil sama dengan 5% distribusi. Tipenya sangat bergantung pada Lintang tempat, ketinggian, topografi dan kondisi atmosfer.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu chasanah mengharapkan sesuatu assesment yang benar-benar sesuai dengan kejadian di lapangan maka bantuan yang diserahkan kepada orang-orang yang terdampak bencana akan lebih tepat guna dan hasil guna sampai kepada orang-orang yang membutuhkan karena sesungguhnya seluruh bantuan yang diberikan kepada masyarakat harus bersifat akuntabel dan transparan agar dapat mewujudkan suatu pemerintahan yang good governance.