Image
By agus

Rumah Roboh di Pontang

Jumat, 13 Mei 2019; |  Jam 10:11:56 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 10 Mei 2019 talah terjadi rumah roboh akibat hujan deras dan angin kencang   di Desa Domas Kec. Pontang. Diterima informasi dari Pak Farid Afandi Sub Bidang Pemulihan Fisik, Sosial Ekonomi (BPBD Kab. Serang) Via WhatsApp. Bahwa telah terjadi rumah roboh di Ds Domas Kec. Pontang. Di duga akibat hujan deras disertai angin kencang (Cuaca Ekstream) kronologi kejadian pukul 12.00 Wib turun hujan di sertai angin kencang dan pemilik tidak ada di rumah dampak kejadian satu unit rumah semi permanen (Rusak Berat) kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Definisi tersebut menyebutkan bahwa bencana disebabkan oleh faktor alam, non alam, dan manusia. Oleh karena itu, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tersebut juga mendefinisikan mengenai bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial.
Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.
Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.

Cuaca ekstrim adalah fenomena meteorologi yang ekstrim dalam sejarah (distribusi), khususnya fenomena cuaca yang mempunyai potensi menimbulkan bencana, menghancurkan tatanan kehidupan sosial, atau yang menimbulkan korban jiwa manusia. Pada umumnya cuaca ekstrim didasarkan pada distribusi klimatologi, dimana kejadian ekstrim lebih kecil sama dengan 5% distribusi. Tipenya sangat bergantung pada Lintang tempat, ketinggian, topografi dan kondisi atmosfer.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah Pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan agar warga masyarakat selalu bersatu padu dan saling membantu dalam menghadapi kejadian kebencanaan karena memang bencana yang terjadi merupakan force majeur  yang tidak dapat terhindarkan Namun kita dapat mengurangi dampaknya dengan cara bersama-sama saling membantu satu sama lain.