Image
By munji

Bupati Serang: Kita Apresiasi Partisipasi Pemilih Meningkat

Selasa, 23 April 2019; |  Jam 13:13:38 WIB  |  0 comments

Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan proses pemilu pada tahun 2019 berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Hal tersebut, dikatakan Tatu setelah  memantau pelaksanaan penghitungan suara di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (22/04/2019).

Meskipun terdapat Pemilihan Suara Ulang (PSU), Tatu tetap optimis akan berjalan lancar dan tidak terjadi kenadala tekhnis.” PSU di kabupaten Serang  sudah berjalan dengan baik dan ini harapan kita semua, karena pesta demokrasi sudah selesai kita laksanakan," katanya.

Ia juga mengapresiasi KPU yang sudah bekerja keras sehingga berhasil  meningkatkan  partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 dibandingkan dengan pelaksanaan Pilgub  dan  Pilkada sebelumnya. "Angka partisipasi mencapai 80 - 85 persen, peningkatan ini lebih baik  jika dibanding dengan pilkada sebelumnya," ujarnya.

Terkait PSU, Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar menjelaskan, hal tersebut dilakukan karena  terdapat kesalahan tekhnis atau "unprosedural" oleh petugas KPPS saat pemungutan suara. Sehingga, direkomendasikan oleh PTPS untuk PSU. "Kejadian itu ada  di TPS 8 Desa Kemuning Tunjung Teja karena kesalahan prosedur,seharusnya kotak suara dibuka pukul 07.00, tetapi ketua KPPS membuka pada pukul 06.30 dan Bukan  isu coblos duluan," tuturnya.

Dia menambahkan, saat ini,  hasil rekapitulasi di KPU Kabupaten Serang belum sepenuhnya terisi dan baru menacapai 34 persen. Pasalnnya, proses rekapitulasi masih berjalan di tingkat kecamatan. "Karena Kita juga keterbatasan sumberdaya, jadi saat ini sedang proses rekapitulasi di tingkat kecamatan. saat ini baru 345 TPS dari 4617 TPS yang masuk ke KPU, semoga  hari ini kita sudah buat tim untuk menyusul C I yang ada di kecamatan," imbuhnya. (*)