Image
By agus

Monev Non Tunai

Selasa, 16 April 2019; |  Jam 08:44:56 WIB  |  0 comments

Dalam rangka pelaksanaan transaksi non tunai Bank Jabar Banten menyelenggarakan monitoring dan evaluasi implementasi transaksi non tunai pada pemprov/pemda /kota se-Wilayah Banten yang dilaksanakan pada 21 Maret 2019 di gedung BI. Acara dihadiri oleh Korsupgah KPK, Dirjen Bina keu daerah KEMENDAGRI, BJB, BI dan Pejabat pemda dan pemkot Serang.

Perkembangan teknologi memang memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk kemudahan yang tersebut ialah hadirnya fasilitas pembayaran non tunai. Manfaat bagi Negara dari penggunaan transaksi non tunai, dimana banyaknya penggunaan instrumen non tunai akan membantu efisiensi baik untuk biaya produksi uang kartal maupun untuk pengedaran, pencabutan, penarikan, dan pemusnahan uang yang jelas membutuhkan biaya besar. Transaksi non tunai juga mencegah adanya underground economy atau kegiatan ekonomi yang tidak dilaporkan secara resmi, dimana hal tersebut berpotensi mengurangi pajak yang diterima oleh negara

Transaksi non tunai merupakan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan instrument berupa Alat pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), cek, bilyet giro, uang elektronik atau sejenisnya. Transaksi non tunai dalam pemerintahan dilaksanakan sesuai dengan  SE MDN No 900/1866/SJ dan No 900/1867/SJ Tgl 17 April 2017 yang didalamnya menginstruksikan agar Pelaksanaan transaksi non tunai pada pemerintah daerah dilaksanakan paling lambat tanggal 1Januari2018. Penggunaan transaksi non tunai tersebut meliputi seluruh transaksi penerimaan daerah yang dilakukan oleh penerimaan/bendahara penerimaan pembantu; dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara pengeluaran/bendahara pengeluaran pembantu.

Namun penggunaan transaksi non tunai juga memiliki beberapa kelemahan, namun hendaknya kelemahan tersebut dapat dilakukan sendiri oleh pengguna. Tips aman dari penggunaan non tunai adalah dengan menghindari pemindahtanganan kartu, utamakan transaksi dengan PIN, simpan dengan baik fisik uang elektronikmu, dan isilah uang elektronik dengan dana secukupnya dan sesuai kebutuhan.

Hindari pemindahtanganan kartu dengan jangan meminjamkan kartu kepada orang lain, atau memberikan kartu kepada petugas saat hendak melakukan transaksi. Saat makan di sebuah restoran, pengunjung seringkali menyerahan kartu kepada petugas untuk dibawa ke kasir saat hendak melakukan proses pembayaran. Hindari melakukan hal tersebut, bisa saja ada orang jahat yang berniat menukar kartumu dengan kartu orang lain. Lebih baik kamu melihat transaksi secara langsung di kasir. Utamakan transaksi dengan PIN dengan  melakukan transaksi menggunakan PIN daripada tanda tangan demi keamanan transaksimu karena PIN lebih bersifat pribadi. Khusus kartu kredit dan kartu debit, jagalah informasi rahasia seperti PIN, tiga digit nomor Card Verification Value (CVV)/ Card Verification Code (CVC), maupun tanggal kadaluarsa kartu yang tertera pada bagian belakang kartu.

Simpan dengan baik fisik uang elektronik dan Khusus penggunaan uang elektronik dengan berbasis chip, jaga dengan benar uang elektronik anda jangan sampai hilang. Kehilangan uang elektronik berarti anda kehilangan sejumlah uang yang berada dalam uang elektronik tersebut. Terakhir adalah Isilah uang elektronik dengan dana secukupnya dan sesuai kebutuhan. Mengisi uang elektronik dengan nominal yang berlebihan, memicu kamu menjadi pribadi yang lebih konsumtif, serta memiliki risiko lebih tinggi apabila kehilangan terjadi. Jika berbentuk sebuah kartu, berilah tanda khusus agar tidak tertukar dengan kartu milik orang lain. Bagi pengguna uang elektonik yang diregistrasi, jangan berikan data pribadi milikmu kepada orang lain untuk menghindari adanya penyalahgunaan,

Penggunaan transaksi non tunai mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, mencegah peredaran uang palsu, menghemat pengeluaran Negara, menekan laju inflasi; mencegah transaksi illegal (korupsi); meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian (velocityof money); dan mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kas.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap di tahun mendatang Pemerintah Kabupaten Serang telah seluruhnya melaksanakan transaksi non tunai, selain disebabkan kepatuhan terhadap peraturan juga akan membawa dampak positif yang telah tadi disebutkan lebih dahulu. Keterbukaan dari penggunaan anggaran dapat meningkatkan citra Pemerintah Daerah dan dapat memberikan rasa aman bagi pelaksana pembangunan yang pada akhirnya meningkatkan indeks pembangunan manusia.