Image
By agus

Sosialisasi Kegiatan Updating Penerima Bantuan Kesehatan

Rabu, 10 April 2019; |  Jam 15:35:54 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Sosial Kabupaten Serang melaksanakan  Verifikasi data penerima iuran jaminan kesehatan 4 April. Acara diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Serang. Hadir  pada Acara ini perwakilan OPD se-Kabupaten Serang termasuk di dalamnya OPD Kecamatan. Verifikasi data  ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun untuk memverifikasi dan updating data penerima iuran jaminan kesehatan yang di danai dari APBD Kabupaten Serang.

Data ini akan di daftarkan sebagai peserta jaminan kesehatan yang akan ditanggung biayanya oleh APBD Kabupaten Serang. Verifikasi dilakukan untuk mencegah peserta yang tidak seharusnya memperoleh bantuan dan lebih selektif agar penerima bantuan yang seharusnya dapat masuk daftar penerima. Untuk diketahun bahwa penduduk Kabupaten Serang pada tahun 2018 berjumlah 1,464,291 jiwa dengan komposisi 747,618 jiwa laki-laki dan 716,673 jiwa perempuan, serta jumlah Kepala Keluarga secara keseluruhan adalah 444.109 KK.

Pemerintah Kabupaten Serang setiap tahunnya melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Serang. Untuk menyaring dan mendapatkan data penduduk yang berhak menerima iuran bantuan dilakukan beberapa tahap penyaringan. Salah satu tahapan tersebut adalah verifikasi penerima bantuan. BPJS Kesehatan selaku stake holder yang menangani program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, program ini sebenarnya bukanlah program baru namun merupakan program peralihan dari program-program pemerintah sebelumnya, yakni merupakan program peralihan dari program jaminan kesehatan nasional sebelumnya yakni ASKES (asuransi kesehatan), JAMKESMAS dan JAMKESDA.

Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan dibagi menjadi beberapa kategori yang meliputi peserta BPJS Mandiri atau disebut dengan peserta BPJS pribadi atau individu yang iuran bulanannya ditanggung oleh sendiri dan harus dibayar oleh pribadi; kemudian yang kedua adalah peserta BPJS PPU (peserta penerima upah) khusus untuk para pekerja di sebuah perusahaan yang menerima upah, dimana premi bulanannya sebagian di tanggung oleh perusahaan dimana mereka bekerja; kemudian yang ke 3 adalah peserta BPJS PBI (penerima bantuan iuran), ini khusus untuk warga miskin kurang mampu sesuai dengan kriteria dari dinas sosial, iuran bulanan untuk peserta BPJS PBI ini setiap bulannya di bayarkan oleh pemerintah.

BPJS PBI ini adalah Suatu kegiatan pelayanan kesehatan bagi warga miskin bebas biaya yang dahulu adalah peserta Jamkesmas/PBI di Puskesmas dan pelayanan kesehatan lanjutan di RSUD maupun RS.  BPJS PBI ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan terhadap seluruh masyarakat miskin agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal baik di puskesmas maupun di Rumah Sakit.

 

Program ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah guna memberikan perlindungan dan pemeliharaan kesejahteraan kesehatan masyarakat miskin yang belum tertanggung program lain agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Pemerintah Kabupaten Serang juga tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mendukung program-program kesehatan Pemerintah dengan menyediakan dana sharing untuk pelayanan kesehatan rujukan masyarakat miskin. Setiap penduduk miskin berhak mendapatkan pelayanan dan pengguna  mendapatkan hak untuk dapat diperiksa pada Fasilitas Kesehatan yang ditunjuk dan dirujuk ke RS lebih lanjut yang dipilih.

 

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan adanya program penjaminan kesehatan yang didukung oleh pemerintah pusat akan sangat membantu warga masyarakat Kabupaten Serang karena dengan adanya program ini ini masyarakat tidak terlalu khawatir akan adanya biaya rumah sakit pada saat mengalami gangguan kesehatan sehingga masyarakat termotivasi untuk memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami penyakit agar penyakit yang diderita cepat sembuh dan tidak bertambah parah di mana apabila pertama para maka biaya dan waktu untuk mengobatinya akan sangat bertambah