Image
By agus

Trantib di Pasar Anyer

Selasa, 09 April 2019; |  Jam 13:11:06 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 27 Maret 2019 Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) melakukan monitoring dan evaluasi ketentraman, ketertiban umum diwilayah Kecamatan Anyer seusai pelaksanaan MTQ Ke 49 Tingkat Kabupaten Serang. Satpol PP menelusuri jalan jalan di rute pawai MTQ diKecamatan Anyer.

MTQ berlangsung dari tanggal 9 sampai tanggal sekian dihadiri ratusan bahkan ribuan warga masyarakat dimana dengan banyaknya warga yang berkumpul akan menarik jumlah Pedagang pedagang kaki lima yang beroperasi di wilayah tersebut maka sesudah acara MTQ selesai maka diharapkan pedagang musimanyang berjualan di area MTQ bertanggung jawab atas kebersihan ke kerapihan dan kebersihan di tempat Ia berjualan dan menjaga ketertiban di tempat yang dia tinggalkan.

Satpol PP  adalah perangkat Pemerintah Daerah  dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Tugas dari Satpol PP sudah di atur dalam PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja. Sesuai  Undang- Undang  Nomor  32  Tahun  2004 tentang  Pemerintahan. Daerah  bahwa  penyelenggaraan  ketertiban  umum  dan  ketenteraman masyarakat merupakan  urusan  wajib  yang  menjadi  kewenangan pemerintah daerah termasuk penyelenggaraan perlindungan masyarakat. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bertugas membantu kepala daerah untuk menciptakan suatu kondisi daerah yang tenteram, tertib, dan teratur sehingga penyelenggaraan roda  pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman.

Penyusunan program dan pelaksanaan penegakan perda, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat pelaksanaan kebijakan penegakan perda dan peraturan kepala daerah, pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di daerah, pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat.

 

Oleh karena itu, di samping menegakkan Perda, satpol PP juga dituntut untuk  menegakkan kebijakan pemerintah daerah lainnya yaitu peraturan kepala daerah. Untuk memaksimalkan kerja Satpol PP, perlu dibangun kelembagaan Satpol PP  yang mampu  mendukung terwujudnya kondisi daerah yang tenteram, tertib, dan teratur tentunya tidak dengan cara kekerasan.

 

Penataan kelembagaan Satpol PP tidak hanya mempertimbangkan kriteria kepadatan jumlah penduduk di suatu daerah, tetapi juga beban tugas dan tanggung jawab, budaya, sosiologi, serta risiko keselamatan para Satpol PP tersebut.

 

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Ibu Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan adanya tindakan monitoring dan evaluasi yang dilakukan Satpol PP akan meningkatkan ketentraman dan ketertiban di Wilayah Kabupaten Serang. Wilayah yang tentram dan nyaman sangat menunjang pembangunan yang akan dilaksanakan. Keberhasilan dan Manfaat dari pembangunan akan semakin di rasakan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia secara menyeluruh.