Image
By agus

Pelayanan Kominfo Mensukseskan Serang Open

Selasa, 09 April 2019; |  Jam 10:24:21 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 25 Maret 2019 ada 3 orang dari kaum difabel mengajukan proposal bantuan dana hibah bansos untuk kegiantan event olahraga bagi kaum difabel. Mereka langsung mengentri data ke serang open untuk mengajukan proposal, walau mereka mempunyai keterbatasan fisik tetapi mereka sangat bersemangat untuk melakukan kegiatan event olahraga bagi kaum difabel.

Hibah adalah pemberian uang/barang atau jasa dari pemerintah daerah kepada pemerintah atau pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah.

Bantuan Sosial adalah pemberian bantuan berupa uang/barang dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial.

Penetapan Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah melalui Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 yang telah di ubah dengan Permendagri Nomor 39 Tahun 2012 telah memberikan tolak ukur yang jelas dan kriteria minimal dalam penganggaran dan pemberian hibah. Dengan berlakunya Permendagri tersebut maka penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban serta monitoring dan evaluasi pemberian hibah dan bantuan sosial mulai tahun anggaran 2013 harus berpedoman pada Permendagri tersebut, dan pasal-pasal dalam Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 yang tidak diubah, tidak lagi memberikan alasan kepada pemerintah daerah untuk menyalurkan hibah dengan tidak terencana. Penganggaran dan pemberian hibah dan bansos juga harus tetap memperhatikan ketentuan Permendagri tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang terbit untuk tiap tahun anggaran.

Serang Open, atau yang memiliki arti Serang Peduli digagas oleh Pemerintah Kabupaten Serang untuk memfasilitasi keterbukaan dalam perwujudan program bansos dan hibah melalui media online.

Program Serang Open bertujuan agar jalannya dana bantuan yang diturunkan Pemerintah Kabupaten Serang untuk membiayai berbagai proyek sosial yang diinginkan masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Seluruh proses dalam Serang Open dapat terlihat dan diawasi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ibu Ratu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan adanya keterbukaan hibah Bansos melalui Serang open akan membuka akses bagi warga masyarakat untuk mendapatkan bantuan dana operasional untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat pembangunan dan membantu pembangunan di wilayah Kabupaten Serang sehingga pada akhirnya akan Mempercepat tingkat pembangunan di wilayah Kabupaten Serang dan meningkatkan IPM di wilayah Kabupaten Serang.