Image
By agus

PTPS Bojonegara

Senin, 08 April 2019; |  Jam 16:00:33 WIB  |  0 comments

Pada hari Senin, 25 Maret 2019  di Kecamatan Bojonegara dilaksanakan Pelantikan pengawasan Tempat Pemungutan Suara ( PTPS ) Se-Kecamatan Bojonegara yang  jumlahnya 152 orang.

Bojonegara adalah sebuah di Kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten , Kecamatan Bojonegara terdiri dari 11 desa dan dipimpin oleh Camat Bojonegara yaitu Bapak H. Sutikno, SE Bojonegara mempunyai batas batas wilayah, sebelah utara laut jawa, sebelah barat merak ( Cilegon ), Sebelah Selatan Cilegon, Sebelah Timur teluk Banten.

Jumlah penduduk di Kecamatan Bojonegara 69.636 jiwa terdiri dari Laki lakai 17.905 jiwa dan perempuan 17.398 jiwa. Jumlah pemilih tetap 34.333 jiwa terdiri dari Laki laki 17.389 dan perempuan 16.944 sedangkan jumlah pemilih pemula 970 terdiri dari Laki laki 516 dan Perempuan 454.

Pengawasan Pemilu    adalah  kegiatan mengamati melihat,  mencatat hasil  amatan, mengkaiji melakukan  sistematisasi  hasil amatan  kedalam  format  5W+1H, memeriksa kesesuaian  aturan  dan menilai benar  atau salah  serta  konsekuensi  proses penyelenggaraan Pemilu.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut Pengawas TPS adalah  petugas yang dibentuk oleh Panwas Kecamatan untuk membantu PPL. (UU No. 1 Tahun 2015).

Pengawas  TPS  harus  lebih

 

Pengawasan TPS harus lebih pintar, berani dan lebih tegas dari petugas KPPS dan para saksi dari pasangan calon. Pengawasan TPS harus bisa menyelesaikan masalah yang  terjadi di  TPS dan KKPS wajib mendengarkan  patuah  dan  rekomendasi pengawas TPS

 

Sesuai dengan ketentuan Pasal 27 Ayat (3) dan (4) UU No.1 Tahun 2015 Tugas dan Wewenang Pengawas TPS adalah mengawasi  persiapan  pemungutan  dan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara, menyampaikan  keberatan  dalam  hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, dan/atau  penyimpangan  administrasi pemungutan dan penghitungan suara, menerima  salinan  berita  acara  dan  sertifikat pemungutan dan penghitungan suara.

 

Kewajiban Pengawas TPS menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara, menyampaikan  laporan  dugaan  pelanggaran  pidana pemilihan  yang  terjadi  di  TPS  kepada  Panwas Kecamatan melalui PPL, menyampaikan  dokumen  hasil  pemungutan  dan penghitungan suara kepada PPL, melaksanakan kewajiban  lain  yang diperintahkan  oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Pemerintah Kabupaten Serang yang dipimpin oleh Ibu Ratu Tatu Chasanah berharap agar dengan adanya suatu tim pengawas yang Solid dan dipercaya oleh masyarakat maka akan  menjamin legitimasi hasil  pemilihan umum dimana hal ini sangat berguna untuk mencegah adanya suatu perpecahan di dalam masyarakat akibat ketidakpuasan atas hasil pemilihan umum yang berlangsung.