Image
By agus

Keterbukaan Anggaran Kecamatan Petir

Senin, 08 April 2019; |  Jam 15:36:16 WIB  |  0 comments

Kecamatan Petir adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kecamatan Petur terdiri dari 15 Desa yang di pimpin oleh Drs. Ajat Sudrajat. M.Si. Kecamatan Petir sangat terbuka dalam hal anggaran kecamatan petir supaya masyarakat tahu ke mana saja anggaran tersebut digunakan.

Hal yang dilakukan untuk melakukan sosialisasi kegiatan – kegiatan dan informasi Kecamatan Petir biasanya dilakukan dalam forum tersendiri yang memang diagendakan untuk sosialisasi tapi juga bisa melalui forum forum yang bisa ditumpangi untuk mensosialisasikan informasi dan agenda kecamatan yang masyarakat berhak tahu. Disamping itu sosialisasi juga bisa dengan dibuatkan spanduk, banner dll, misalnya saja sosialisasi tentang anggaran publik seperti APBD, program program besar pemerintah.

Berkaitan dengan anggaran publik saat ini sebenarnya sudah ada aturan rigit yang bisa dianut, misalnya saja dengan terbitnya aturan otonomi daerah, kemudian UU Keterbukaan Informasi Publik, UU Pelayanan Publik tentu kita juga dituntut untuk bisa melakukan dengan baik apa yang seharusnya menjadi tugas pemerintah. Untuk menjalankan keterbukaan informasi publik selama ini telah diatur oleh UU No. 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik ( UU KIP ).

Berdasarkan Undang-undang republik indonesia  Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan informasi publik maka keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan  publik.  

Keterbukaan informasi publik memberikan keuntungan baik bagi masyarakat maupun badan publik. Keterbukaan atau transparansi memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan peran serta mereka dalam penyelenggaraan negara, sedangkan bagi badan publik memberikan peluang untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi sebagai good governance.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ibu Ratu Tatu chasanah berharap dengan adanya ke transparansi anggaran di tingkat Desa maka masyarakat dapat mengawasi penggunaan dana desa Apakah dana desa itu dipergunakan secara tepat guna dan hasil guna dan apabila terjadi penyimpangan masyarakat dapat melaporkan kepada badan pengawas desa atau BPD di tingkat desa yang kemudian dapat meneruskan laporan itu ke inspektorat kabupaten Serang adanya suatu tindakan pencegahan terhadap penyalahgunaan anggaran merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di wilayahnya masing-masing